Skip to main content

Ide Bisnis Modal Kecil Gorengan Masih Cerah


PALINGUNTUNG.COM – Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar Ide Bisnis Modal Kecil Gorengan. Kenapa Gorengan? Karena memang makanan yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat indonesia. Gorengan seperti Bakwan, Tempe, Tahu, Pisang, Molen bisa untuk camilan atau bisa juga untuk lauk pauk. Makanan ini bisa dibilang makanan sejuta umat dan tak ada matinya.

Ide Bisnis Modal Kecil Gorengan bisa Anda wujudkan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar jadi cocok untuk pemula. Meskipun bukan sesuatu yang baru namun peluangnya tetap bagus asalkan pemasarannya bagus.

Itulah mengapa masih banyak Bisnis Gorengan yang tetap bertahan meski diberlakukan PSBB saat Pandemi Covid 19. Ini tentu menjadi indikator kalau target pasarnya masih tetap ada tinggal bagaimana memaksimalkannya.

Beberapa Persiapan Mewujudkan Ide bisnis Modal Kecil Gorengan


1.Peralatan

Peralatan utama bisnis gorengan cukup sederhana yaitu kompor serta penggorengan sedangkan untuk menjajakan dagangan umumnya menggunakan gerobak. Peralatan pendukung lainnya ember, serokan, jerigen dan lain-lain.

Kompor yang digunakan biasanya kompor gas khusus untuk gorengan yang biasa disebut kompor mawar bukan kompor gas biasa. Kompor jenis mawar lebih besar nyala apinya dibandingkan dengan kompor gas biasa sehingga hasilnya bagus untuk menggoreng.

Untuk gerobak saya sarankan menggunakan gerobak dorong alumunium yang dikombinasikan dengan besi sehingga tampilannya bersih tapi tetap kokoh.

2.Tempat Mangkal

Poin ini yang paling penting karena cukup menenentukan kesuksesan bisnis. Carilah tempat yang strategis dimana lokasinya ramai dan mudah dijangkau. Tempat ini bisa ditemukan dengan cara sewa tempat atau secara kaki lima.

Cara yang lebih nyaman menurut saya dengan cara sewa tempat, memang kalau sewanya ruko mahal makanya bisa disiasati dengan sewa lahan saja contohnya didepan minimarket kalau tidak salah sewanya sekitar 800 ribuan atau bisa juga didepan toko atau bengkel yang ramai namun tidak semua toko mau lahannya disewa.  Sewanya biasanya lebih murah dari pada sewa didepan minimarket tergantung Negonya.

3.Tempat Belanja Bahan Baku

Ketersediaan bahan baku gorengan harus selalu tersedia setiap harinya oleh karena itu sebelum merintis bisnis gorengan pastikan ketersediaan bahan bakunya terjaga. Tak terlalu sulit sebenarnya mendapatkan bahan baku karena hampir semuanya ada dipasar tradisional seperti Minyak goreng,Terigu, Tepung beras, Tempe, Tahu, Pisang, Kol, Wortel dan lain-lain.

Pahami kemana nantinya bahan baku tersebut dibeli jadi nantinya sudah terencana kalau belanja misalnya sayur dan pisang kepasar lalu tepung atau minyak gorengnya ketoko sembako jadinya tidak kesana-kemari.

Baca juga : 5 Bisnis Tetap Berkibar Meski Ada Pembatasan Sosial

Citra Rasa Gorengan Berpengaruh kepenjualan

Namanya juga bisnis makanan tentunya konsumen akan mencari gorengan yang rasanya enak dan gurih tapi dengan rasa terjangkau. Itulah mengapa diperlukan tehnik pengolahan yang baik, bumbu lengkap dan takaran pas serta tampilan gorengan yang cantik.

Misalnya saja gorengan tempe kebanyakan konsumen suka yang crispy daripada yang tebal tapi kalau adem jadi letoy. Konsumen juga tidak suka kalau minyaknya masih menempel digorengan jadi pastikan minyak sudah menetes saat gorengan akan dipajang.

Satu hal lagi konsumen kebanyakan maunya yang masih hangat bukan yang adem, disinilah terkadang yang jadi dilema karena kalau gorengnya sekalian banyak tapi jarang yang beli jadi adem gorengannya tapi kalau menggorengnya sedikit-sedikit pajangannya jadi kurang mantap.

Dengan banyaknya jam terbang saya rasa nantinya akan tahu celah kapan waktunya menggoreng banyak kapan tidak.

Demikianlah informasi seputar Ide Bisnis Modal Gorengan semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar