Skip to main content

5 Jenis Bisnis Tetap Berkibar Meski Ada Pembatasan Sosial

web design

PALINGUNTUNG.COM – Beberapa hari ini beberapa wilayah di Indonesia diterapkan kebijakan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar untuk menekan penyebaran virus corona (Covid 19). Dengan kebijakan ini pergerakan masyarakat dibatasi, jaga jarak, dilarang berkumpul lebih dari 5 orang, rumah makan dilarang menyediakan kursi, gerai makanan tidak boleh buka sampai malam, penumpang angkutan dibatasi dan lain-lain.

Dampaknya sangat luar biasa khususnya pada sektor ekonomi, banyak usaha yang akhirnya tutup atau pendapatannya bekurang. Itulah mengapa pemerintah memberikan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak oleh kebijakan ini. Meski cukup membantu tapi masyarakat tetap butuh uang untuk memenuhi kebutuhan lain seperti bayar listrik, bayar kontrakan, cicilan motor, cicilan rumah dan lain-lain.

Situasi ini menjadi dilema yang akhirnya menuntut masyarakat untuk tetap bekerja diluar rumah meski dibayangi ketakutan akan virus corona ini.

Disisi lain ternyata ada jenis bisnis yang tetap berkibar meski ada pembatasan sosial sehingga bisnisnya masih tetap menguntungkan. Apakah sajakah jenis bisnis tersebut? Simak informasinya berikut ini: 

1.Bisnis Sembako

Meski masyarakat pergerakannya dibatasi namun sembako harus selalu tersedia sehingga mau tak mau harus beli. Makanya bisnis sembako tak terpengaruh dengan adanya pembatasan sosial ini. Meskipun harus jaga jarak bisnis sembako ini bisa dilakukan dengan sistem online misalnya ada yang pesan diantar jadi tidak harus keluar rumah.

Pasokanpun masih lancar karena angkutan sembako tetap bisa beroperasi sehingga pasokannya tetap terjaga. Bisnis sembako yang ada dimasyarakat contohnya toko grosir sembako, toko kelotong atau Toko beras.

Baca Juga : Rahasia Sukses Bisnis Grosir Sembako

2.Bisnis Kuliner

Disaat seperti sekarang ini tentu ada sebagian masyarakat demi alasan kesehatan enggan kepasar tradisional untuk belanja sayur mayur atau lauk pauk sehingga lebih memilih beli yang sudah matang atau siap saji seperti ayan goreng, ikan goreng, soto ayam dan anek olahan lauk pauk lainnya.

Ini tentu menjadi berkah tersendiri bagi bisnis kuliner karena akan semakin banyak yang membutuhkan meski harus dilakukan secara online atau by Phone. Diera teknologi sekarang ini cukup mudah mempromosikan bisnis kuliner secara online apalagi sekarang ada OJOL yang bisa dipesan untuk memesan makanan.

3.Bisnis Toko Online

Manusia tak bisa lepas dari kebutuhan sekunder sehingga kebutuhan akan barang tersebut akan tetap ada misalkan Baju, Sepatu, Alat memasak, Gadget, alat kesehatan dan lain-lain. Dalam situasi sekarang ini tentunya sangat riskan jika mencari barang kentuhan sekunder tersebut secara langsung. Mereka akan lebih memilih belanja secara online.

Bisnis toko online sekarang ini justru ada yang panen orderan contohnya toko online yang menjual masker sampai-sampai harus pre order dulu atau toko yang menjual hand sanitazer.

4.Publisher Iklan Digital

Saat ini banyak orang yang memilih tetap dirumah atau stay at home. Aktifitas yang sering dilakukan dirumah adalah browsing atau streaming. Masyarakat tentu tidak mau ketinggalan informasi seputar wabah corona ini dengan mencari informasinya diinternet. Youtube juga seringkali menjadi sumber informasi.

Setiap orang yang mengakses internet seperti website atu youtube biasanya akan muncul iklannya dikedua media tersebut. Nah... orang yang memiliki website atau channel youtube itu merupakan publisher iklan dari Adsense. Penghasilan dari bisnis ini tak main-main jika websitenya atau channel youtubenya ramai dikunjungi orang.

5.Web Design

Jenis Bisnis berikutnya yang tak terpengaruh dengan wabah corona ini adalah bisnis yang berkaitan dengan Web Design dan bisnis yang termasuk didalamnya contohnya penulis konten, pengelola web, Tim SEO. Sekarang ini Internet sudah menjadi media pemasaran yang ampuh sehingga menuntut pelaku bisnis melakukannya yaitu dengan membangun sebuah website untuk mempromosikan websitenya.

Bisnis WEB Design ini biasanya menawarkan pembuatan website, domain atau hosting, penulisan artikel, optimasi website, jual beli website, Backlink dan lain-lain.

Itulah 5 Jenis Bisnis tetap berkibar meski ada pembatasan sosial, Anda tertarik yang mana?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar