Skip to main content

3 Jenis Cetakan Martabak Mini Paling Banyak Dipakai

Cetakan Martabak Mini

PALINGUNTUNG.COM – Tahukah Anda pemilihan cetakan dalam bisnis martabak mini cukup berperan penting? Jenis cetakan martabak mini ternyata mempengaruhi hasil. Ada jenis cetakan kalau nyetak martabak mini itu mudah tidak lengket ada juga yang susah, ada yang cepat gosong. Bayangkan jika Anda memilih cetakan yang ngangkatnya saja susah? Repot bukan kalau mau dipakai buat jualan martabak mini.

Itulah mengapa jika Anda memutuskan untuk terjun kebisnis marmin (Martabak Mini) hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah memilih cetakan martabak mini yang tepat. Iya sih fungsinya semua sama tapi ada perbedaan dari cetakan-cetakan marmin yang beredar dipasaran jadi pastikan ya Anda tidak salah beli.

Apakah harus beli yang harganya mahal? Kalau memang ada dananya kenapa tidak namun jika dananya mepet cetakan dengan harga dikisaran 100 ribu hingga 180 ribuan masih layak digunakan. Ciri cetakan yang bagus adalah tebal, tidak lengket lalu kulit martabak yang dihasilkannya mulus.

Sayangnya terkadang untuk menemukan cetakan yang harganya terjangkau tapi hasilnya bagus cukup susah terutama jika belinya secara online karena anda tidak bisa melihat secara langsung.

Tapi jangan cemas pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan jenis cetakan martabak ini yang paling banyak dipakai. Penasaran? Silahkan simak informasinya berikut ini :

Baca Juga :
5 Penyebab Adonan Martabak Mini Gagal Bantat
Peralatan Martabak Mini Lengkap untuk Jualan
Resep Martabak Mini Anti Gagal untuk Jualan

Jenis Cetakan Martabak Mini Paling Banyak Dipakai


1.Cetakan Berbahan Alumunium berlapis teflon

cetakan martabak mini

Cetakan martabak mini yang satu ini menurut saya cukup populer karena memang hasilnya bagus, harganya terjangkau, nyetaknya mudah dan awet. Saya sendiri sejak awal menekuni bisnis martabak mini menggunakan cetakan jenis ini. Kelebihan lainnya adalah anti karat, mudah perawatannya serta hemat gas.

Dipasaran sendiri cetakan ini terbagi menjadi cetakan lubang 7, lubang 8 atau lubang 12 untuk lubang 7 diameter lubangnya 8 cm, untuk yang 12 lubang diameternya 6 cm. Sebaiknya pilih yang mana?

Menurut saya sebaiknya pilih yang lubang 7 karena ukurannya sedang artinya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Hal lainnya yang mempengaruhi tampilan martabak mini adalah ketebalannya/tinggi lubangnya. Semakin tinggi tentunya semakin bagus. Namun saya sarankan sebaiknya memilih cetakan yang tingginya minimal 2 cm. Berdasarkan penelusuran saya sebuah ada cetakan martabak mini berbahan alumunium berlapis teflon yang tingginya 3 cm yaitu merek Hakasima tapi harganya lumayan mahal sekitar 900 ribuan.

Tebal cetakan juga ikut mempengaruhi hasil cetakannya semakin tebal tentu semakin baik karena panasnya merata namun rata-rata ketebalannya relatif tipis jika ditimbang cetakan tanpa tutup kurang dari 1 Kg.

Resiko jika cetaknnya tipis maka cetakan akan cepat panas apalagi jika kepala kompornya besar yang akan mengakibatkan apinya kurang merata sehingga dilubang ini sudah matang tapi lubang yang lain malah bantat.

Solusinya bagaimana? Jika memang dengan api terkecil tapi apinya kurang merata solusinya adalah dengan memberikan alas dengan lempengan logam seperti seng atau mengatur jarak antara kepala kompor dengan cetakan dengan cara memodifikasi dudukan kompor.

Harga cetakan martabak mini jenis ini dipasaran mulai 80 ribuan, Ingat ada harga ada kualitas!

2.Cetakan Berbahan Alumunium Cor-coran


Cetakan yang satu ini sering dipilih karena memang harganya murah tapi tetap bisa digunakan untuk mencetak martabak mini. Misalnya saja cetakan lubang 7 harganya Cuma 50 ribuan. Jika Anda ingin memilih cetakan jenis ini pilihlah yang tebal.

Kekurangan dari cetakan jenis ini diantaranya terkadang lengket jika digunakan sehingga sesekali perlu diolesi mentega dan seringkali meninggalkan kerak hitam dicetakan. Namun jika sudah terbiasa menggunakan cetakan ini dan tahu celahnya hasilnya juga tak kalah dengan yang menggunakan cetakan martabak berbahan teflon.

Jika Anda memilih cetakan jenis ini sebaiknya memilih diameter antara 7 hingga 8 cm, jangan dibawah itu karena terlalu kecil. Perhatikan juga tingginya semakin tinggi semakin baik.

Namun semuanya kembali lagi pada kebiasaan yang dipakai disuatu daerah jika memang kebanyakan mengunakan cetakan yang lebih besar dari itu silahkan gunakan.

3.Cetakan Besi Cor-coran

Cetakan Martabak mini

Cetakan martabak mini yang terakhir adalah cetakan martabak berbahan besi cor-coran. Kelebihan cetakan ini adalah panasnya merata karena biasanya tebal-tebal bahkan bobotnya untuk ukuran mini saja bisa 2 Kg. Cetakan jenis ini umum dipakai oleh pedagang martabak bangka atau Lebaksiu. Untuk martabak mini diameternya antara 10 hinga 13 cm.

Cetakan jenis ini hanya 1 lubang jadi kalau mau cepat mencetaknya harus memiliki cetakan lebih dari 1. Harganya cetakan ini mulai 75 ribuan tergantung dari ketebalnnya. Mencetak martabak dengan cetakan jenis ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dari pada cetakan yang berbahan alumunium teflon. Apalagi jika cetakannya masih baru terkadang belum licin sehingga harus sering dipakai dan diolesi kuning telor atau kacang goreng yang sudah dihaluskan.

Pengalaman saya saat pertama kali menggunakan cetakan ini selain lengket adalah akan bantat jika saat menuangnya atau memutar sisinya terlalu menekan selain itu harus pandai-pandai mengatur api.

Perlu perhitungan matang sebelum Anda memilih cetakan ini diantaranya harga jualnya dan keahlian Anda karena jika Anda masih pemula akan menemui kesulitan. Perhatikan juga apakah didaerah Anda umum menjual martabak mini ukuran itu?

Demikianlah Informasi Seputar 3 Jenis Cetakan Martabak Mini Paling Banyak Dipakai Semoga Bermanfaat!  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar