Skip to main content

Resep Martabak Mini Anti Gagal untuk Jualan

Resep Martabak Mini

Resep Martabak Mini Anti Gagal untuk Jualan – Siapa tak kenal kelezatan martabak, Kuliner manis ini bisa dibilang Legendaris. Bahkan pedagangnya sudah turun temurun dan masih eksis hingga sekarang. Seiring dengan perkembangan zaman penyajian martabak semakin menarik dan modern terutama dari segi topingnya. Salah satunya Martabak dijual dalam ukuran yang mini sehingga sering disebut Martabak Mini.

Dari sisi harga tentu martabak mini lebih murah dibandingkan dengan martabak ukuran standar. Wajar jika kemudian pecinta martabak ada yang lebih memilih martabak mini. Nah... disinilah sebuah peluang usaha muncul yaitu dengan jualan martabak mini atau ada pula yang menyebut Martabak Unyil. Kelebihan dari usaha martabak mini adalah modalnya tidak sebesar usaha martabak standar seperti Martabak Bangka.

Peminat usaha martabak ini sebenarnya cukup banyak, hanya saja sering terkendala masalah Resep. Meskipun sudah banyak resep yang beredar di website maupun Youtube namun terkadang ketika mencoba selalu gagal adonan kurang mengembang atau bantat, Sisinya kurang rapi, atau gosong.

Padahal kalau diteliti sebenarnya bukan salah resepnya tapi cara pengolahannya.
Nah...jika selama ini Anda selalu gagal membuat martabak mini Anda bisa mencoba resep martabak mini anti gagal yang akan saya bagikan sebentar lagi. Jika cara pengolahannya benar saya yakin Martabak mini yang anda buat akan bagus sehingga layak untuk dijual. Resep ini bisa dibilang resep adonan dasar martabak mini. Cocok sekali bagi pemula dan jika Anda sudah sukses dengan resep ini Anda bisa memodifikasi resepnya.

Baca Juga : 3 Usaha Makanan Laris Manis Disekolah

Resep Martabak Mini Anti Gagal Untuk Jualan 


Bahan :

-Tepung Terigu     250 Gr merk yang disarankan Segitiga Biru curah atau kemasan
-50 gr Gula Pasir , Bisa ditambah sesuai kebtuuhan tapi sebaiknya maksimal 200 gr untuk tepung Terigu 1 Kg.
-½ sdt Ragi Instan contohnya merk Permipan atau Mauripan
-½ sdt Garam dapur
-½ sdt Baking Powder Double Action
-260 ml Air

Cara Membuat :

1.Campurkan Tepung terigu, gula pasir, Permipan, Garam dan air kedalam wadah.
2.Aduk menggunakan Mixer ataupun manual menggunakan alat untuk mengaduk sampai tercampur sempurna. Proses ini cukup mempengaruhi hasil karena jika kurang sempurna hasilnya juga jadi kurang bagus.
3.Diamkan Adonan selama 30 Menit.
4. Setelah adonan didiamkan selama 30 menit, ambil sedikit air dalam gelas kemudina masukkan baking powder sampai berbuih aduk lalu masukkan keadonan. Aduk rata dengan sendok.
5.Adonan Siap Dicetak.

Cara Mencetak :

1.Nyalakan kompor gas dengan api kecil.
2.Letakkan Cetakan Martabak mini diatas kompor. Pilihlah cetakan Martabak mini teflon baik yang isi 7 atau 8 karena lebih mudah dari pada cetakan jenis lainnya dan cocok untuk pemula.
3.Tunggu sampa Cetakan panas merata bisa dicek dengan meletakkan telapak tangan kedekat cetakan.
4.Tuang Adonan menggunkan sendok sayur kemasing-masing lubang dan jangan lupa putar sebanyak sekali atau dua kali disisinya agar kalau sudah matang sisinya kokoh tidak mudah remuk ketika diangkat.
5.Pertama kali mencetak cukup 3 lubang dulu jika menggunakan cetakan martabak mini isi 7 atau 8 lubang sambil dilihat adonan langsung mengembang atau tidak yang ditandai dengan keluarnya gelembung udara. Jika belum perbesar apinya sedikit sampai adonan mengembang. Perlu diketahui baking powder akan berkerja diadonan jika suhunya diatas 70 derajat makanya jika kurang panas adonan tidak akan mengembang.

Dan sebaliknya jika saat menuang adonan ada bunyi cess yang keras itu menandakan apinya terlalu panas, ciri lainnya adalah bagian sisi martabak akan cepat matang padahal tengahnya belum. Kecilkan apinya. Setelah apinya pas barulah tuang kesemua lubang cetakan.

6. Beri taburan gula pasir sedikit saja.
7.Jika adonan sudah mengembang semua barulah tutup cetakannya.
8.Angkat martabak menggunakan stik kayu jika cetakan martabaknya teflon tapi jika cetakannya bukan teflon angkat menggunakan sutil yagn terbuat dari logam tipis. Ciri martabak mini yang sudah matang adalah tidak ada airnya lagi dan sisinya berwarna kecoklatan.
9.Olesi martabak mini yang sudah matang dengan mentega menggunakan kuas mentega.
10.Beri Toping Sesuai Selera.

Macam-Macam Toping :

Meses Coklat, Meses Pelangi, Kacang, Keju, Selai (Standar)
Oreo, Es Krim, Chocochips, Nutela, Chococrunch, Glaze, Cha Cha, Pisang, Durian, Cokat Mete (Kekinian)

Catatan :

Resep diatas bisa menghasilkan 21 martabak mini jika menggunakan ceakan isi 7 lubang.
Untuk takaran yang lebih besar Bisa tonton video berikut ini :
youtube image

Demikanlah Informasi seputar Resep Martabak Mini Anti Gagal untuk Jualan, Jika masih ada yang kurang jelas bisa bertanya melalui komentar atau channel Youtube diatas. Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar