Skip to main content

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi

uang dari blog

PALINGUNTUNG.COM – Blog pribadi adalah sebuah blog yang dikelola secara perorangan bukan perusahaan. Meski hanya blog pribadi bukan berarti tidak bernilai karena jika dikelola dengan baik dan benar blog pribadi juga mampu menghasilkan uang seperti website perusahaan sekelas detik atau kumparan. Itulah topik yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini yaitu seputar cara menghasilkan uang dari blog pribadi.

Buat saya menghasilkan uang dari blog pribadi bukan hal baru karena saya sendiri sudah menjalankannya sejak tahun 2015 bahkan masih berlangsung hingga sekarang. Saya merasa menikmati sekali pekerjaan ini karena dari hal-hal kecil yaitu dari sebuah tulisan bisa menghasilkan uang. Ada kepuasan tersendiri karena disaat orang lain menggunakan internet hanya untuk bersenang-senang tapi saya bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

Asyiknya lagi saya masih bisa menekuni pekerjaan lain contohnya saja sambil jualan martabak jadi enak dari blog dapat dari jualan juga dapat. Siapapun bisa membuat blog pribadi karena tidaklah sulit.

Pertanyaannya kemudian bagaimana cara menghasilkan uang dari blog pribadi?

Namun sebelum membahas lebih lanjut saya ingin memberikan gambaran bahwa untuk mendapatkan uang dari blog itu :

1.Tidak bisa Instan butuh proses

Sekarang ini saya sudah sampai pada tahap memetik hasil meski penghasilannya tidak banyak tapi buat saya sudah lumayan buat nambah uang dapur atau jajan anak. Meski begitu bukan berarti saya Cuma diam menunggu hasil saya tetap menulis dan menulis.

Asyiknya dan itu yang membuat saya semakin bersyukur bisa ngeblog adalah terkadang saya mendapatkan rezeki yang tak disangka-sangka misalnya ada tawaran kerja sama content placement. Mendapatkan uang ratusan ribu bisa saya dapatkan dengan mudah.

Namun dibalik itu ada proses panjang, asal tahu saja saya mulai ngeblog sejak tahun 2011 namun baru mulai menghasilkan uang yang jumlahnya terbilang lumayan baru pada tahun 2015.

Pada masa awal terjun menjadi blogger banyak hal yang harus saya pelajari terutama dari kualitas tulisan. Sedangkan untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas perlu latihan terus menerus.

Ditambah lagi menulis diblog itu berbeda dengan menulis dibuku. Proses itu semakin lama karena saya belajar secara otodidak tanpa ada pembimbing berbeda dengan sekarang cukup mudah menemukan workshop atau video tutorial blog diYouTube.

Saran saya jika anda ingin prosesnya lebih cepat silahkan ikut workshop baik secara online ataupun tatap langsung karena akan lebih terarah. Pilihlah workshop yang terpercaya dengan biaya terjangkau. Jnngan mudah percaya dengan workshop yang menjanjikan hasil yang fantastis.

2.Butuh kerja keras dan cerdas

Jangan dikira menghasilkan uang dari blog bisa diraih dengan bersantai ria meskipun kerjanya Cuma duduk didepan komputer. Hal ini bisa terjadi karena penghasilan cukup bergantung pada trafik blog sehingga butuh sebuah artikel yang menarik yang tentunya tidak  mudah harus kreatif.

Blogger dituntut untuk bisa membuat artikel yang berkualitas dalam jumlah tertentu dan teratur mengupdatenya. Sekarang ini tidak cukup asal posting tapi manfaat dari artikel tersebut lebih utama.

Itulah mengapa blogger harus mengoptimalkan energinya untuk membuat artikel serta memutar otaknya agar artikelnya menarik sehingga mengundang pengunjung datang.

Kerja keras bisa diartikan mampu membuat artikel terus menerus tanpa kehilangan ide sedangkan kerja cerdas menitik beratkan pada kemampuan pikiran untuk mengembangkan ide tulisan.

3.Butuh konsistensi

Apalah artinya seorang blogger yang sehari mampu menulis 10 artikel tapi setelah itu tidak posting-posting lagi. Prinsip yang paling bagus adalah teratur membuat postingan misalnya tiap hari 1 artikel. Ini tentu bukan perkara mudah dimana mengerjakan pekerjaan yang sama yaitu menulis secara terus menerus atau konsisten menulis.

Ditambah lagi setelah artikel dipublikasikan keblog belum tentu mendapatkan trafik kadang ada yang sepi pengunjung. Inilah yang terkadang memicu rasa malas hingga akhirnya jadwal menulispun menjadi kacau kadang nulis kadang tidak.

Baca Juga : Saya akan Bertahan Menjadi Blogger dan YouTuber

4.Kemungkinan gagal tetap ada

Setiap pemilik blog tentu mengharapkan blognya sukses dengan ditandai trafik yang melimpah atau kerjasama yang terus berdatangan. Namun seringkali sebuah blog yang dibangun tidak membuahkan hasil atau gagal.

Banyak faktor yang membuat sebuah blog dikatakan gagal misalnya saja persaingannya ketat, kualitas tulisan yang kurang memadai, pemilihan kata kunci artikel yang kurang tepat dan lain-lain. Itulah mengapa sebelum terjun menjadi blogger sebaiknya memahami hal ini agar tidak frustasi ketika blognya hasilnya tidak sesuai harapan.

Setelah Anda memahami poin diatas barulah saya informasikan cara menghasilkan uang dari blog pribadi, Berikut ulasannya :

1.Menghasilkan uang dari Iklan PPC (Pay Per Click)

Cara ini merupakan favorit para blogger karena caranya cukup mudah tinggal mendaftar ke program PPC baik lokal maupun internasional lalu pasang kode iklannya diblog sesudah itu tinggal menunggu pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut. Setiap klik iklan akan dihargai dengan nominal tertentu atau CPC/BPK.

Besarnya pendapatan yang diperoleh sangat tergantung dari jumlah pengunjung blog semakin besar trafiknya penghasilanya juga akan semakin besar.

Program PPC favorit para blogger hingga saat ini adalah Google Adsense namun tidak mudah untuk diterima menjadi publishernya kareana harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Alternatif lain jika belum diterima Adsense bisa mencoba MGID.

Baca Juga : Alternatif Adsense Bayaran Tinggi Job Review?

2.Menghasilkan uang dari Content Placement

Jika trafik blog Anda minim tidak perlu berkecil hati karena masih ada cara lainnya yang tidak bergantung pada trafik yaitu dari Content Placement atau Titip artikel diblog. Siapa yang akan menitipkan artikel? Biasanya brand-brand yang ingin peringkat websitenya naik. Biasanya artikelnya berupa artikel review atau kalau tidak yang berhubungan dengan jasa atau produk dari brand tersebut.

Namun perlu dicatat artikelnya bukan artikel biasa namun berisi link aktif atau anchor teks yang menuju website brand tersebut. Penghasilan yang diperoleh cukup menjanjikan paling kecil Rp.50.000 tapi rata-rata 100.000.

Cara mendapatkan pelanggan ada yang dihubungi langsung ada pula yang melalui pihak ke 3. Daya tarik blog Anda dimata pelanggan adalah skor DA serta keaktifan blognya. Semakin tinggi DA nya serta artikel yang terindeks banyak. Personal branding dari bloger juga ikut menjadi daya tarik contohnya jika bloger tersebut sering menang lomba kompetisi blog biasanya job akan berdatangan.

Beberapa situs yang menyediakan kerjaasma content placement contohnya Sosiago, Rajabacklink, Vira dan lain-lain.

Baca juga : Situs Penyedia Job Review Blogger Terpercaya

3.Menghasilkan uang dari Jual barang atau Jasa

Keuntungan jika memiliki blog yang banyak pengikutnya atau pengunjung setia maka akan lebih mudah menawarkan sesuatu entah itu barang atau jasa. Namun ada kalanya pengunjung banyak belum tentu tertarget maksudnya pembacanya bermacam-macam minatnya. Berbeda jika blognya 1 topik misalnya khusus membahas desain web maka ketika Owner blog tersebut menawarkan proyek yang berhubungan dengan desain seperti themes atau template peluangnya akan semakin besar.

Cotoh blog yang sukses menjual barang atau jasa : Sugeng.id, Kompiajaib.com

Demikianlah informasi seputar Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Pribadi berdasarkan pengalaman pribadi. Anda tertarik? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar