Skip to main content

5 Tujuan Membuat Blog No 4 Paling Menarik


PALINGUNTUNG.COM – Sekarang ini banyak orang yang ingin membuat blog dengan berbagai macam motivasi. Hal ini wajar-wajar saja apalagi sekarang ini membuat blog itu cukup mudah bahkan gratis. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, profesional memanfaatkan blog ini. Jika Anda tertarik membuat blog sebelum melangkah lebih lanjut sebaiknya kenali dulu apa tujuan membuat blog? Dengan mengerti tujuannya apa akan memudahkan proses selanjutnya.

Saya sendiri mengenal blog sejak tahun 2011, saat itu saya benar-benar belum tahu apa itu blog. Bisa dibilang waktu itu saya Gaptek. Nyatanya dengan bermodalkan komputer tua dan modem GSM saya bisa membuat blog pertama saya atau menjadi seorang Blogger. Membuat blog saya pelajari secara otodidak. 8 Tahun berlalu saat ini saya sudah terbiasa mengelola blog bahkan jumlahnya lebih dari satu.

Faktanya ternyata Tujuan membuat blog bisa berbeda antara blogger yang satu dengan blogger yang lainnya. Jadi jangan heran jika Nantinya Anda akan bertemu dengan blogger yang rajin posting, ada yang santai ada pula yang malas. Apa sajakah Tujuan membuat blog? Berikut Ulasannya:

5 Tujuan Membuat Blog Selengkapnya :


1.Menyalurkan Hobi 

Tujuan membuat blog yang pertama adalah media untuk menyalurkan hobi. Dulu saat blog belum populer seperti sekarang mereka yang hobi menulis cukup sulit untuk menyalurkan hobinya khususnya agar tulisannya bisa dilihat oleh orang banyak. Media saat itu hanya surat kabar dan Majalah. Kalau mau tulisannya terbit disurat kabar atau majalah harus melalui serangkaian seleksi yang ketat jadi tidak semua tulisan yang dikirimkan bisa terbit.

Dengan adanya blog siapapun bisa bebas menulis dan bisa dibaca oleh siapa saja. Tentu ini sangat memudahkan bagi mereka yang hobi menulis tinggal buat blog lalu isi dengan tulisan sesuai keinginan. Dengan menulis diblog maka kemampuan menulisnya akan semakin bertambah karena seringnya menulis.

2.Personal Branding

Jika Anda ingin terkenal khususnya didunia maya blog bisa menjadi media untuk mengenalkan siapa Anda. Namun untuk bisa terkenal melalui blog Anda harus menunjukkan keahlian Anda dibidangnya. Misalnya saja Anda seorang desainer baju maka tulislah artikel seputar dunia fashion. Jika tulisannya menarik lama kelamaan Nama Anda akan semakian opuler.

Selain itu Blog juga bisa digunakan untuk personal branding sebuah brand atau perusahaan tujuannya jelas agar brandnya mudah dikenal. Blog semacam ini sering dsebut juga web profil. Hampir semua perusahaan besar memiliki web profil.

3.Bisnis

Ada juga sebagian orang membuat blog tujuannya untuk bisnis baik itu jualan produk maupun menawarkan jasa. Ada yang terang-terangan (Hard Selling) ada juga yang samar (Soft Selling). Jika Hard selling biasanya bebentuk Landing Page atau Toko Online namun jika Soft Selling seperti blog pada umumnya hanya saya artikel yang ditulis selalu berhubungan dengan barang atau jasa yang dijual.

Untuk sekarang ini lebih efektif jika menggunakan soft selling karena artikelnya bisa terindeks Google sehingga lebih berpeluang dikunjungi orang sedangkan jika menggunakan toko online atau Landing Page butuh promosi seperti pasang iklan atau lainnya.

Perbandingan toko online semakin ketat sejak hadirnya situs marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia Lazada atau Shopee. Jika hanya mengandalkan blog perorangan tentunya akan sulit bersaing.

4.Menghasilkan Uang

Kalau tujuan yang satu ini prosentasenya cukup banyak, bisa dibilang mayoritas blogger memiliki tujuan untuk menghasilkan uang dari blog. Menghasilkan uang dari blog bisa dari Google Adsense atau periklanan lainnya bisa juga dari Job review. Mudahkah mendapatkan uang dari Blog?

Menurut saya sulit karena prosesnya membutuhkan waktu yang lama dari blog mulai dibuat sampai menghasilkan bahkan tak jarang Blog tak kunjung menghasilkan uang alias Gagal. Penyebabnya apalagi kalau blog tidak mampu mendatangkan pengunjung alias sepi pengunjung.

Tapi saya yakin jika Anda mengelola blog dengan ketekunan, konsitensi, kreatif dan pantang menyerah peluangnya akan semakin besar. Jika blog Anda mulai menghasilkan uang lambat laun Anda akan paham bagaimana cara yang efektif untuk menghasilkan uang dari Blog.

Jangan heran jika kemudian ada yang sukses bermain Adsense, Job review ada pula Affilasi.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi

5.Arsip Online

Blog ternyata bisa juga dijadikan Arsip online untuk data-data penting Anda misalnya saja materi kuliah, pengalaman pribadi, Dokumen pribadi dan lain-lain. Peluang ini semakin besar dengan adanya platform Blog gratisan seperti Blogger.com atau Wordpress.com.

Dengan blog gratisan Anda bisa menyimpan data sebanyak-banyaknya baik yang berupa tulisan maupun gambar berbeda jika menggunakan platform blog berbayar seperti Wordpress Self hosting, Disk Space Hostingnya tergantung dari paket yang diambil, semakin banyak akan semakin mahal.

Demikianlah Informasi seputar 5 Tujuan Membuat Blog Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar