Skip to main content

Tips Menghindari Penipuan Online Shop

Penipuan Online Shop

PALINGUNTUNG.COM – Penipuan online shop atau jual beli secara online masih kerap terjadi walaupun kejadian ini sering dishare di media sosial. Tentu ini menjadi sebuah pertanyaan kenapa bisa demikian? Penyesalan tiada berguna lagi karena uang sudah terlanjur melayang.

Jika uangnya Cuma puluhan atau ratusan ribu mungkin bisa merelakannya meskipun kesal tapi jika ditipu sampai jutaan rupiah rasa kesalnya lama hilangnya.

Saya sendiri Alhamdulillah meskipun sering belanja keOnline Shop tak pernah sekalipun tertipu dan saya selalu berdoa agar kejadian seperti itu tidak menimpa saya. Namanya juga musibah terkadang meski sudah hati-hati tapi mungkin sudah apesnya eh ketipu juga.

Nah…melalui tulisan ini saya ingin berbagi tips menghindari penipuan online Shop, harapan saya setidaknya bisa meminimalisir sehingga tak jatuh korban lagi.

Sebelum memutuskan untuk berbelanja secara online sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1.Jangan Tergiur Harga Murah

Harga barang yang murah kerap kali dijadikan senjata bagi penipu sepertinya mereka mengerti betul kalau secara psikologis pembeli menginginkan harga yang murah. Ketika seseorang sedang membuka facebook atau media lain tiba-tiba ada tawaran barang dengan harga yang murah tanpa pikir panjang langsung  tertarik bahkan ada yang langsung memesan.

Padahal seharusnya Cek dulu harga pasarannya berapa jika memang selisihnya jauh bisa jadi itu adalah penipuan walaupaun alasannya cuci gudang, menghabiskan stok atau alasan lain.

Dugaan akan semakin kuat jika barangnya dijual secara pribadi misalnya melalui akun media sosial. Lain lagi ceritanya jika harganya murah tapi yang menjual sebuah online shop ternama

Jika Anda masih penasaran coba ajak transaksi secara COD (Bayar Ditempat) kalau memang penjualnya jujur pasti akan mau diajak COD.

2.Lebih Aman Belanja KeMarketplace

Cara ini menurut saya yang paling aman karena sistemnya menggunakan rekening bersama (Rekber) maksudnya Uang pembayaran dari pembeli tidak akan langsung masuk kerekening pribadi penjual (Pelapak) melainkan melalui rekening perusahaan.

Jika penjualnya nakal dana akan aman karena transaksi akan dibatalkan dan dana akan dikembalikan kepembeli. Sebagai contoh saya pernah membeli sebuah Jam Tangan tapi ternyata Rusak karena penjual kurang merespon akhirnya dananya dikembalikan lagi ke saya.

Meski demikian peluang penipuan masih tetap ada walaupun kemungkinannya kecil misalnya transaksi dilakukan diluar sistem. Contohnya begini setelah pembeli memesan barang maka pelapak menghubungi pembeli melalui fitur chat atau melalui WA kemudian meminta pembayaran melalui rekening pribadi.

Jika ini terjadi maka kesalahan bukan pada marketplace karena marketplace melarang bertransaksi diluar sistem apapun alasannya.

Baca juga : Cara Memilih Marketplace terbaik untuk Belanja Online


3.Gunakan rekening bersama

Jika Anda memilih belanja bukan dimarketplace misalnya melalui media sosial Usahakan untuk menggunakan jasa rekening bersama contohnya P-Store. Memang ada biayanya tapi biasanya hanya berapa persen dari nilai transaksi jadi yang pentng Aman.

Jadi nantinya setelah Deal harganya maka pembeli akan mentransfer kerekenng bersama tadi, setelah barang diterima barulah uangnya diteruskan kepenjual.

Namun begitu Anda perlu jeli memilih Jasa rekening bersama jangan sampai ternyata pemilik rekenig bersama itu komplotan penipu juga jadi harus memiliki jasa rekening bersama yang sudah terpercaya.

4.Kenali Ciri-Ciri Online Shop Terpercaya

Tidak semua penjual online mau bergabung kemarketplace walaupaun sebenarnya banyak keuntungannya seperti gratis dan didukung sistem yang bagus. Mereka lebih memilih menggunakan website online shop sendiri salah satu alasannya penjual bisa langsung menerima pembayaran dari pembeli jadi modalnya cepat berputar berbeda jika jualan online shop melalui marketplace, dana akan ditahan beberapa hari sampai transaksi sukses atau denga kata lain penjual harus keluar modal dulu.

Tak sedikit online shop semacam ini yang terpercaya namun bagi orang awam tentu sulit membedakan mana online shop yang terpercaya dengan yang abal-abal.

Beberapa ciri toko online shop terpercaya :


  • Menggunakan domain berbayar khususnya berektensi CO.ID kalau tidak minimal COM. Hindari berbelanja Online Shop yang menggunakan website gratisan contohnya ada embel-embel blogspot.com
  • Usia domainnya sudah lama dan masa berlakunya panjang.
  • Tampilan website yang Bagus
  • Alamat Jelas
  • Rekening bank jelas lebih bagus lagi yang lebih dari satu rekening
  • Mencantumkan Nomor Telepon
  • Melayani COD
  • Testimoni banyak
  • Memiliki toko fisik
  • Mudah dihubungi


Demikianlah informasi seputar Tips Menghindari Penipuan Online Shop Semoga Bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar