Skip to main content

Tips Memilih Provider Internet untuk Bisnis Anda

Provider Internet

PALINGUNTUNG.COM – Akses internet sekarang ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok. Dengan akses internet semuanya jadi lebih mudah baik untuk mencari informasi atau sekedar eksis di media sosial. Perilaku masyarakat juga sudah jauh berubah, lihat saja kemana-mana orang tak bisa lepas dari HP. Ada yang gemar buka Aplikasi, main game online atau sekedar lihat-lihat barang ditoko online.

Akitfitas semacam itu tentu membutuhkan Akses internet dan hal ini sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis sebut saja yang jualan online, influencer, Publisher atau mungkin YouTuber. Bisnis yang sudah saya sebut sangat tergantung dari kecepatan akses internet jika lelet cukup mengganggu operasional bisnis. Sebagai contoh jualan online sudah barang tentu akan mempromosikan barangnya melalui internet. Jika aksesnya lambat bahkan gangguan tentunya menjadi sebuah kendala.

Saya sendiri merasakan betapa butuhnya akses internet yang lancar kebetulan saya punya bisnis internet sebagai influencer, Publisher, Youtube maupun toko online. Namun tentu tidak hanya lancar tapi mencari provider internet yang memberikan harga yang terjangkau. Kalau lancar tapi mahal itu sih sudah seharusnya.

Sampai saat ini saya masih mengandalkan paket kuota dari sebuah provider internet nasional. Lumayan murah menurut saya walaupun pakai kuota.

Baca Juga : Main Internet Dapat Uang, Ini pengalaman Saya

Jika saat ini masih bingung mencari provider Internet yang cocok untuk bisnis Anda, Ulasan berikut bisa membantu anda menemukan provider yang tepat.

1.Pilih Provider yang menyediakan paket Unlimited

Jujur saja saya merasa paket kuota yang saya gunakan membuat saya kurang bebas terutama ketika streaming atau mengunggah video Youtube. Padahal di Youtube banyak manfaatnya juga untuk bisnis internet.

Idealnya jika Anda akan menekuni bisnis internet gunakan paket unlimited. Namun meksipun ada provider yang menyediakan paket unlimited namun tetap saja ada Batas Penggunaan wajar (FUP) misalnya saja sehari dibatasi 1 GB.

Nah tentunya jika ingin leluasa mengakses internet pilihlah provider internet yang memberikan FUP besar misalnya 300 GB dan Speed setelah mencapai FUP tetap memadai. Memang paket semacam itu tarifnya bisa ratusan ribu sebulan tapi bisa sepuasnya mengakses internet.

2.Pilih jaringan Kabel fiber optic

Provider internet (ISP) di Indonesia umumnya menggunakan frekuensi radio dan Jaringan Kabel Fiber Optik. Kelemahan dari akses internet yang menggunakan Frekuensi radio adalah cukup tergantung dari kondisi alam misalnya lokasi BTS dan pelanggan harus Loss (Tidak terhalang) atau jika cuaca buruk akan terganggu seperti hujan lebat atau mendung.

Berbeda jika menggunakan jaringan kabel fiber optik keceptannya akan maksimal karena akses internet bisa langsung kepelangan tanpa ada penghalang dan tidak tergantung cuaca. Sayangnya tidak semua tempat terjangkau Provider internet berbasis fiber optik.

3.Pertimbangkan RT RW Net

Ini bisa menjadi alternatif terakhir jika 2 poin diatas sulit untuk dilakukan yaitu dengan berlangganan paket internet RT RW net. Pada prinsipnya RT RW net hampir mirip dengan ISP hanya saja skalanya lebih kecil  yaitu 1 RT atau RW.

Dikota-kota besar Bisnis Akses internet berbasis WIFi (Hotspot) cukup mudah dijumpai dan biasanya milik perorangan. Pada prinsipnya Pengelola berlangganan ke ISP tentu dengan Kecepatan yang besar kemudian dibagi-bagi kepelanggan dengan jaringan WIFI. Pusat akses poin biasanya ditandai dengan berdirinya sebuah tower pemancar yang tinggi.

Dengan biaya bulan mulai Rp.100.000 Pelanggan akan mendapatkan akses internet unlimited dengan kecepatan mulai dari 1 Mbps. Hanya saja seringkali Pengelola bisnis hotspot ini memungut biaya registrasi yang terkadang mahal dengan dalih untuk membeli peralatan.

Ada juga yang meminjamkan peralatan akses pointnya namun kebanyakan alatnya disuruh membeli sendiri.

Demikianlah informasi seputar Tips Memilih Provider Internet Untuk Bisnis Anda Semoga Bermanfaat! 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar