Skip to main content

Cara Memilih Marketplace Terbaik untuk Belanja Online

Marketplace Terbaik

PALINGUNTUNG.COM -  Hari Gini masih belanja pake cara lama? Sudah bukannya zamannya lagi bro! Pesatnya teknologi informasi membuat belanja online semakin mudah bahkan bisa dilakukan dari genggaman tangan melalui HP. Belanja semakin mudah dengan adanya aplikasi Android cukup install aplikasinya lalu Siap belanja.

Saat ini Marketplace menjadi tempat favorit berlanja. Alasannya bukan sekedar keamanan transaksinya namun lebih dari itu kenyamanan serta kemudahan menjadi daya tarik untuk belanja melalui aplikasi.

Belum lagi ada promosi menarik jika belanja melalui aplikasi seperti Cashback atau bebas ongkos kirim. Sayapun tak ingin ketinggalan untuk merasakan kemudahan berbelanja online melalui situs marketplace.

Saya pernah belanja online mulai dari Lazada, MatahariMall, Bukalapak, Tokopedia, Shopee hingga BliBli. Namun dari sekian banyak Marketplace saya lebih memilih beberapa Marketplace menjadi tempat belanja favorit.

Seringnya belanja online kemarketplace membuat saya tahu kelebihan dan kekurangan setiap marketplace walaupun secara umum semuanya aman untuk belanja.

Nah… jika Anda saat ini baru akan mencoba belanja ke marketplace tips berikut ini bisa membantu Anda memilih marketplace terbaik untuk belanja online. Berikut informasi selengkapnya :

Baca Juga : Menghitung Peluang Bisnis Online To Offline

Cara Memilih Marketplace terbaik


1.Bebas Ongkos Kirim

Alasan inilah yang membuat saya lebih memilih belanja kemarketplace BliBli.com dari pada marketplace lainnya. Dengan promosi bebas ongkos kirim tentu saya bisa menghemat minimal Rp.9000 dengan asumsi barangnya beratnya sekitar 1 Kg.

Saya juga heran kok bisa BliBli memberikan promo bebas ongkos kirim dan promo itu masih berlangsung hingga sekarang. Namun keheranan itu saya simpan yang penting saya bisa belanja hemat tanpa dibebani ongkos kirim.

Sayangnya tidak semua barang ada diBlibli.com sehingga mau tak mau saya harus belanja kemarketplace lain. Contohnya ketika saya butuh multimeter murah disana tidak tersedia tapi dimarketplace lain ada. Hal ini sebenarnya wajar karena Blibli menjamin barangnya Orisinil sehingga tentu harganya tidak murahan.

2.Bebas Biaya Administrasi/Penanganan

Pengalaman saya belanja disebuah marketplace ketika cek out saya jadi tahu harga yang harus saya bayar adalah harga barang ditambah ongkos kirim ditambah lagi biaya penanganan. Sebagai contoh saya membeli cetakan martabak mini dimana harganya Rp.120.000. Ternya setelah invoicenya keluar saya harus membayar biaya administrasi sebesar Rp.2500 kebetulan saya memilih Indomaret sebagai metode pembayaran.

Namun ternyata ketika saya belanja keBliBli, semua itu tidak berlaku, saya cukup membayar seharga barangnya saja. Contohnya saya membeli Voucher Data harganya Rp.56.000. Invoicenya juga hanya Rp.56.000 meski saya bayarnya ke Alfamart.

Ini tentu cukup menguntungkan bagi saya karena harga yang saya bayar tidak ada embel-embel lain sehingga lebih hemat.

3.Komplainnya Mudah

Terkadang belanaj online kemarketplace akan menemui kendala seperti produk rusak, tidak sesuai deskripsi atau stok kosong. Mau tak mau pembeli harus mengajukan komplain kepenjualnya. Nah disinlah peran Customer service cukup besar untuk menyelesaikan masalah.

Namun terkadang ketika akan menyampaikan keluhan customer servicenya tidak mudah untuk dihubungi atau terbatas medianya misalnya hanya melalui member area. Sebagai contoh saya pernah membeli Jam tangan Anak tapi ternyata Jamnya Rusak.

Tentu saja saya Komplain namun saya hanya bisa komplain melalui halaman pengaduan dimana nanti saya akan dipertemukan dengan penjualnya melalui chat. Sempat alot karena penjualnya tak percaya kalau barangnya rusak sampai akhirnya pihak marketplace yang menengahi. Dengan bukti video barulah komplain saya diterima sehingga dana saya bisa kembali.

Idealnya sih pembeli bisa komplain melalui beberapa kontak seperti Telephone, email atau chat langsung dengan customer service. Memang ada marketplace seperti itu? Ada contohnya BliBli.com Silahkan lihat diwebsite resminya kalau nggak percaya.

Demikianlah artikel seputar Cara Memilih Marketplace Terbaik untuk Belanja Online Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar