Skip to main content

Kisah Pak Tua yang Tetap Semangat Berwirausaha


wiraswasta
PALINGUNTUNG.COM – Usia bukanlah halangan untuk berwiraswasta bagi siapa saja, mau muda atau tua kesempatannya terbuka lebar. Faktanya kaum milenia sekarang lebih suka bekerja pada perusahaan atau orang lain dari pada usaha sendiri dengan berbagai alasan.

Padahal jika sedari muda sudah mau berwirausaha maka kesuksesan akan semakin nyata. Orang yang sudah terbiasa berwiraswasta akan berusaha semaksimal mungkin agar usaha yang ditekuninya membuahkan hasil atau peningkatan.

Apalagi jika pekerjaan yang didambakannya tak kunjung datang, apakah akan setia menunggu sampai pekerjaan itu datang? Sedangkan umur kian bertambah tak terpikirkankah akan masa depan yang lebih baik?

Baca juga : [Foto] Kekurangan Bukan halangan untuk Usaha Sendiri

Ubahlah Mindset Anda selama ini kalau mau mencari nafkah harus menjadi buruh pabrik, karyawan swasta atau pegawai. Jika memang Anda beruntung bisa mendapatkan pekerjaan, Silahkan fokus pada pekerjaan Anda walaupun jika memungkinkan akan lebih baik jika Anda mencari pekerjaan sampingan misalnya membuka usaha sendiri.

Contohlah Pak Tua ini yang kerap dipanggil Babeh oleh teman-teman sesama pedagang termasuk saya. Meski usianya sudah diatas kepala 6 namun Babeh tetap semangat berjualan Es Doger. Saya biasanya bertemu dengan Pak tua ini disekolah saat Jam Istirahat karena sama-sama jualan disana.

Saya pernah bertanya kenapa masih semangat jualan? Bukankan ada anak-anak yang siap memenuhi kebutuhan Babeh. Apa jawabnya ? Bapak kalau hanya diam dirumah terasa Bosan. Kalau jualan kan enak bisa dapat uang, bisa ngasih cucu uang jajan atau setidaknya tak merepotkan anak-anak.

Saya salut dengan semangat beliau, bayangkan jualannya mengguankan gerobak yang didorong.
Sedangkan saya pakai Motor?
Tapi saya kadang mengeluh kecapekan !

Jualannya juga keliling. Saya pernah ngobrol sama anaknya yang juga pedagang makanan disekolahan. Menurut anaknya Babeh memang kuat orangnya meski sudah tua, mampu keliling jauh meski usainya sudah tua. Anakanya malah tidak sanggup kalau jualan keliling seperti bapaknya.

Saya merasa tergugah untuk lebih semangat dalam berwiraswasta meski saya hanya jualan martabak mini. Kalau ditekuni dengan telaten seperti babeh saya yakin hasilnya menjanjikan. Saya yang lebih muda harusnya lebih kuat dan lebih semangat jangan sampai kalah sama Pak Tua.

Jika selama ini Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan sedang kebutuhan selalu ada kenapa tidak mencoba berwirausaha?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar