Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Kuota

Paket Internet Kuota

PALINGUNTUNG.COM – Selama ini saya lebih banyak menggunakan paket internet kuota dibandingkan dengan paket internet Unlimited. Saya harus akui kalau tarif paket internet kuota yang ada belum ada yang murah apalagi di jaman streaming YouTube atau  Game online seperti sekarang ini kuota 1 GB bisa habis dalam sekejap. Bayangkan jika berlangganan Paket sebulan Cuma 5 GB buat nonton Youtube beberapa hari sudah habis.

Saya sudah mencoba beberapa Paket Internet kuota mulai dari Super Ngebut XL hingga Ekstra Combo XL. Untuk paket yang terakhir ini buat saya sudah agak memadai bagi saya yang bermain Blog sekaligus YouTube. Beberapa bulan ini saya berlangganan Paket Internet Extra Combo XL 5GB+5GB dengan harga Rp.59.000 per bulan.

Untungnya mencukupi bahkan kadang ada sisa kuota hal ini bisa terjadi karena saya jarang mengunggah video paling banter sebulan 6 video selain itu jarang menonton video. Kelebihan dari paket ekstra combo adalah gratis Youtube dijam 01.00-06.00 jadi kalau pas kuota Youtube sudah habis tetap bisa mengunggah video pada jam malam tersebut.

Sayangnya saya masih menggunakan jaringan 3G jadi kecepatannya kurang cepat sehingga kurang maksimal untuk aktivitas Internet marketing yang saya jalani. Beberapa teman menganjurkan untuk berlangganan Paket Internet Unlimited seperti Indihome, First Media atau Wifi RT RW Net. Jujur saja sebenarnya tertarik tapi faktor dana membuat saya hingga saat ini masih setia menggunakan Paket Internet Kuota dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan


1.Skema Tarifnya Bervariasi

Asyiknya berlangganan Paket Internet kuota adalah tarifnya bervariasi jadi bisa menyesuaikan budgetnya mulai dari Paket harian, Mingguan sampai bulanan. Jika dana sedang cekak bisa berlanganan harian tapi kalau sedang ada uang lebih bisa berlanganan paket internet bulanan. Memang paket bulanan hitungannya lebih murah dari pada harian atau Mingguan.

Kalau saya biasanya memilih paket bulanan yang paling murah dulu kalau nggak cukup baru ditambah jadi benar-benar terpakai. Berbeda jika saya berlangganan paket internet unlimited misalnya saja Indihome tarif paling murahnya saja sektiar Rp.250.000. Mau pakai berapa saja ya tetap harus bayar sebesar itu tidak akan dikurangi jika misalnya pemakaiannya sedikit.

2.Tidak Takut Menungggak

Tidak ada istilah menunggak iuran pada paket internet kuota karena rata-rata pra bayar artinya bayar dulu baru bisa menikmati internet. Kalau suatu saat dananya sedang mepet bisa berhenti berlangganan dulu asalkan kartunya masih aktif lain waktu bisa berlangganan lagi.

Bebeda jika berlangganan paket internet unlimited jika sudah nggak mampu bayar atau menunggak ya harus berhenti dan kalau mau berlangganan lagi agak susah.

3.Bisa Gonta-Ganti Provider dengan mudah

Semua pengguna internet tentu menginginkan kecepatan internet yang memadai namun adakalanya Karena beberapa faktor, kecepatan jadi lemot. Jika berlangganan paket internet kuota maka bisa segera mengganti dengan Provider lain misalnya tadinya memakai XL kemudian pindah ke Smarfren.

Berbeda jika saya berlangganan paket internet unlimited jika sewaktu-waktu ada masalah tidak bisa langsung ganti Provider lain apalagi jika berlanganannya ke Provider besar setidaknya harus mengurus pemberhentian langganan agar tagihannya tidak jalan terus.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Hotspot WiFi Ponsel Samsung

Kekurangan


1.Tidak bebas berinternet

Untuk mereka yang aktivitas internetnya biasa saja mungkin paket internet kuota masih memadai namun untuk yang aktivitasanya tinggi misalnya download, stereming, game online paket internet kuota kurang cocok bahkan jatuhnya mahal.

Apalagi jika nantinya koneksi internetnya akan dibagi misalnya melalui tethering hotspot dijamin akan cepat habis. Berbeda jika berlanggan paket internet unlimited apalagi yang kecepatannya 10 Mbps meski dibagi kebeberapa perangkat tetap saja kecepannya kencang.

2.Harganya lebih mahal dibandingkan paket unlimited

Pada paket internet kuota dengan Rp.100.000 paling paling saya hanya mendapatkan kuota sebesar 30 GB tapi dengan harga yang sama saya bisa mendapatkan paket internet unlimited RT RW net meski kecepatannya Cuma 1-2 Mbps.

Hanya saja untuk berlanganan paket internet RT RW Net Biaya registrasinya lumayan mahal setidaknya harus merogoh kocek Rp.600.000 bahkan ada yang hingga jutaan rupiah katanya sih peralatannya yang bagus.

3.Tergantung Cuaca

Paket internet kuota kebanyakan disediakan oleh operator seluler seperti XL, Telkomsel, Tree, Indosat atau Smartfren dimana menggunakan gelombang radio. Jadi sangat tergantung cuaca serta kondisi alam. Jika lokasi rumahnya dekat dengan BTS mungkin sinyalnya masih kuat tapi semakin jauh tentu akan semakin lemah belum lagi jika ada hujan atau mendung.

Berbeda jika berlangganan Paket internet unlimited yang menggunakan jaringan fiber optic seperti Indihome atau First media tidak tergantung cuaca jadi koneksinya selalu lancar. Begitu pula jika berlangganan paket internet unlimited RT RW Net, Meskipun menggunakan gelombang radio namun karena Akses pointnya tidak jauh sinyalnya juga lancar apalagi jika menggunakan kabel LAN.

Kesimpulannya Paket Intenet Kuota merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang Aktifitas internetnya biasa saja bahkan bisa memilih paket bulanan yang termurah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar