Skip to main content

Buka Toko Kelontong Modal Cuma 1 Jutaan

Toko Kelontong

PALINGUNTUNG.COM – Punya Modal 1 jutaan tapi mau bingung mau usaha apa? Nih saya kasih tahu, Coba deh buka usaha toko kelontong? Mungkin Anda akan bertanya-tanya memangnya cukup modal sebesar itu? Jawabannya tentu saja cukup.

Toko Kelontong atau warung kelontong merupakan usaha rakyat sudah sudah ada sejak zaman dulu dan keberadaanya ternyata masih dibutuhkan orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Idealnya untuk membuka usaha toko kelontong eceran memerlukan modal sekitar 20 jutaan agar barangnya lengkap. Namun jika punya modal kurang dari itu sebenarnya bisa saja kok?

Jika Anda buka toko kelontong kecil-kecilan dengan modal 1 jutaan sudah bisa berjalan. Tentu masih banyak keterbatasan terutama dari sisi stok barang dan banyak item yang dijual. Namun menurut saya lebih baik buka secepatnya dari pada harus menunggu modal terkumpul dulu.

Baca Juga : Rahasia Sukses Bisnis Toko Kelontong Eceran

Bagaimana strateginya dengan modal yang pas-pasan tapi bisa memenuhi keinginan pembeli? Tips Berikut ini bisa membantu Anda:

1.Pilih Barang yang harganya murah

Karena modalnya terbatas tidak  mungkin Anda belanja barang yang harganya mahal misalnya beras 1 karung. Pilihlah barang-barang yang modalnya murah dikisaran Rp.10.000 an contohnya Rinso 1 lusin harganya Rp.10.000 atau Kopi Abc Susu 1 renceng harganya Rp.10.000.

Stok tidak perlu banyak-banyak cukup 1 renceng/ 1 lusin. Sedangkan barang-barang yang bukan rencengan cukup beli 5-6 biji untuk setiap barang contohnya Sabun mandi Lifebuoy atau barang Kiloan contohnnya telur ayam, terigu, gula pasir dan lain-lain cukup 1 atau 2 Kg.

Dengan cara ini tentu jumlah itemnya lumayan banyak dari pada anda nyetok banyak.

2.Pilih Barang yang Dibutuhkan Tiap Hari

Langkah ini juga wajib Anda lakukan jika modalnya 1 jutaan yaitu memilih barang-barang yang paling dibutuhkan orang setiap hari contohnya Gas 3 kg, sabun cuci/mandi, minyak goreng, Gula pasir, Kecap dan lain-lain.

Patokannya bisa melihat kebutuhan Anda sendiri sehari-hari atau bisa juga memperhatikan toko lain. Sebelum Anda membuka toko tentunya sering belanja kewarung kelontong. Perhatikan juga apakah ditempat anda banyak anak-anak. Jika banyak silahkan belanja jajanan anak/snack seperti Gery, Nabati wafer, Momogi, dan lain-lain.

3.Beli barang Partai kecil/Eceran

Pasokan toko kelontong biasanya dari toko grosir kelontong dan ada yang dijual rencengan, lusinan atau bijian. Agar modal yang anda miliki bisa membeli banyak item barang sebaiknya membeli barang tersebut mulai dari partai yang terkecil misalnya rencengan cukup 1 renceng atau jika memang dijual bijian seperti susu kaleng, sabun mandi, kecap cukup 5 biji per item.

Jika toko sudah berjalan silahkan amati barang-barang mana yang paling laku. Untuk barang yang cepat laku bisa ditambah misalnya tadinya 1 renceng jadi 2 renceng.

4.Memutar keuntungan untuk menambah stok

Jika toko kelontong anda sudah dikenal dan mulai banyak yang beli saya sarankan keuntungan yang ada diputar lagi untuk mengembangkan warung dengan menambah item barang atau menambah stok barang.

Jika ingin menambah item barang pastikan barang tersebut memang laku dipasaran dan bukan merek yang baru keluar.

5.Hindari Bayar Ngutang

Salah satu penyakit jika merintis usaha toko kelontong adalah pembeli yang berhutang atau bayarnya kredit karena membuat toko kelontong anda lambat berkembang apalagi jika modalnya pas-pasan. Untuk itu hindari jika ada pembeli yang mau berhutang meskipun tetangga.

Memang agak sulit jika yang berhutang teman atau tetangga dekat tapi jika anda bicara terus terang kalau tidak bisa berhutang saya rasa meraka akan maklum. Pokoknya pintar-pintarlah memberikan alasan.

Oh ya jika Anda ingin melihat seperti apa sih penampakan toko kelontong dengan modal Cuma 1 jutaan saja silahkan tonton video yang sudah saya unggah ke YouTube. Jangan lupa Subscribe, Like dan Commen YA !

youtube image


Demikianlah informasi Tips Bisnis seputar Buka Toko Kelontong Cuma 1 jutaan Semoga mampu menginspirasi Anda untuk berwirausaha. Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar