Skip to main content

Cara Mengaktifkan Hotspot Wi-Fi Ponsel Samsung

 Hotspot Wi-Fi
PALINGUNTUNG.COM – Koneksi internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok baik digunakan untuk bisnis maupun sekedar mengakses media sosial. Pengguna internet yang menggunakan Hp Jumlahnya semakin meningkat seiring dengan terjangkaunya harga ponsel Pintar seperti Ponsel Android.

Sayangnya tarif internet di Indonesia belum bisa dikatakan murah dimana kebanyakan menggunakan sistem kouta. Sebagai gambaran saya sendiri berlangganan paket Internet Extra Combo nya XL 10 GB tarifnya 59.000/bulan. Bagi yang jarang internetan mungkin kuota sebesar itu masih cukup tapi bagi mereka yang aktivitas internetnya padat seperti sering streaming video Youtube tentunya kuota sebesar itu kurang memadai.

Baca Juga : Gurihnya Penghasilan dari YouTube, Upload Video Dapat Duit

Masalah lain muncul jika dalam sebuah rumah memiliki sejumlah perangkat yang membutuhkan koneksi internet seperti komputer dekstop, laptop atau Ponsel lainnya. Jika setiap perangkat tersebut berlangganan paket internet tentunya perlu biaya lebih.

Untungnya ada tekonologi informasi yang memungkinkan sebuah perangkat membagikan koneksi dengan perangkat lain yaitu teknologi nirkabel WI FI. Dengan teknologi tersebut maka sebuah ponsel bisa menjadi Hotspot WI-FI atau Akses poin sehingga bisa berbagai koneksi internet dengan perangkat lain. Dengan demikian cukup 1 perangkat saja yang berlangganan internet sedangkan yang lain cukup menggunakan koneksi Wi-FI.

Penggunaan ponsel sebagai akses poin atau Hotspot portabel semakin mudah karena rata-rata Ponsel Android keluaran terbaru sudah mendukung hotspot portabel salah satunya ponsel keluaran SAMSUNG.

Nah…pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengakifkan Hotspot WI FI Samsung karena kebetulan Saya sering melakukannya bahkan sudah saya lakukan bertahun-tahun. Bagaimana caranya? Cukup mudah silahkan buka Ponsel Anda lalu ikuti petunjuk berikut ini:

1.Klik PENGATURAN
2.Klik PENGATURAN LAINNYA
3.Klik Tethering dan Portable Hotspot
4.AKTIFKAN Hotspot dengan menggeser Tombol kekanan sehingga warnanya jadi Hijau. Jika Hotspot
sudah aktif maka akan muncul simbol Wifinya.

Setelah Hotspot portabel Aktif maka secara default sudah ada nama Hotspotnya (SSID) dan belum ada pengamannya. Tentu ini kurang bagus karena orang lain bisa menggunakan jaringan internet (Nembak) anda tentu anda yang rugi karena yang bayar Anda.

Untuk itu agar hanya anda saja atau perangkat  yang memang akan dibagikan wifi, Anda perlu mengubah konfigurasi default tersebut caranya juga mudah.

Pada pengaturan  masuk pada Tethering dan portabel Hotspot kemudian klik Konfigurasi WIFi.Pada kolom SSID JARINGAN  silahkan Buat nama terserah anda contoh : Husain Media lalu pada kolom Pengaman Silahkan Pilih WPA2PSK. Kemudian silahkan tentukan  Kata sandinya. Jika Ingin pengamannya lebih kuat silahkan setting Perangkat yang Diizinkan, Jadi misalkan Ada orang lain yang membobol password hotspot anda tetap tidak bisa mengakses internet.

Lalu bagaimana perangkat lain bisa mendapatkan koneksi internet melalui Hostspot portabel tadi? Silahkan ikuti pertunjuk berikut ini :

1.Buka Menu HP atau pada pengaturan di Hp lain.
2.Aktifkan WIFI dengan cara mengklik simbol Wifi atau geser ke ON
3.Setelah WIFI aktif maka ponsel akan mendeteksi Jaringan Hotspot yang ada
4. Klik Nama Jaringan atau SSID misalnya Husain Media
5. Masukkan Password.

Sekarang Anda sudah bisa berinternet dengan menggunakan jaringan WIFI. Perlu Anda catat kecepatan internet tergantung dari kecepatan di Akeses Poin dan seberapa yang mengakses Hotspot tersebut. Jika sumber asalnya kecepatannya cepat maka akses diponsel lain juga cepat tapi jika banyak yang “nebeng” kecepatannya juga akan semakian berkurang.

Asyiknya lagi selama Ponsel Anda dijadikan Hotspot Portabel, Anda tetap bisa internetan dengan Ponsel Tersebut hanya saja baterai jadi boros.

Bagaimana cukup mudah bukan cara mengaktifkan Hotspot WIFI Ponsel Samsung? Untuk Ponsel merk lain prinsipnya hampri sama. Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar