Skip to main content

5 Peluang Usaha Didesa Paling Menjanjikan

Bisnis kuliner
PALINGUNTUNG.COM – Ibukota Jakarta dan sekitarnya sepertinya masih menjadi tujuan untuk mencari penghidupan yang layak. Terbukti arus urbanisasi dari desa ke Jakarta masih tetap terjadi. Hal ini sebenarnya menjadi PR pemerintah daerah agar penduduknya terutama yang usia produktif betah didesa tanpa harus merantau ke Jakarta.

Berdasarkan pengamatan didesa saya sendiri menurut saya lapangan pekerjaan masih kurang memadai artinya lulusan sekolah yang ada tidak semuanya bisa terserap. Maklum saja didesa jumlah pabrik bisa dihitung dengan jari. Wajar saja jika kemudian banyak lulusan sekolah yang lebih memilih mengadu nasib ke Jakarta dan kota sekitarnya.

Faktanya mencari kerja di Jakarta itu tidak mudah meski banyak perusahaan swasta seperti dikawasan Industri namun karena peminatnya juga banyak mau tak mau ada perantau yang kurang beruntung. Meskipun kemudian bisa mendapatkan pekerjaan toh belum bisa tenang karena tak jarang statusnya hanya menjadi karyawan kontrak yang tidak bisa dipastikan apakah nanti menjadi karyawan tetap atau tidak.

Tak jarang yang akhirnya menganggur lagi karena tak diperpanjang kontrakanya dan kembali harus mencari pekerjaan. Masih untung kalau mendapatkan pekerjaan kembali kalau tidak harus terpaksa harus menerima nasib menjadi penggangguran.

Melihat situsasi yang seperti itu kenapa tidak mencoba usaha didesa saja? Banyak keuntungan jika menekuni usaha didesa diantaranya biaya hidup murah, Tidak harus ngontrak rumah karena dirumah sendiri. Tak sedikit kok yang ternyata setelah usaha didesa justru sukses. Mental memang cukup berperan disini, jika memiliki mental yang bagus, ulet, tekun dan percaya diri saya yakin cepat atau lambat akan sukses.

Baca Juga : Merantau Ke Jakarta itu Sebuah Pilihan

OK..Saya tertarik untuk usaha didesa tapi apa usaha yang cocok? Sebenarnya banyak usaha yang bisa dilakukan didesa tinggl pilih yang menurut Anda paling mudah. Sebagai rekomendasi pada kesempatan kali ini saya ingin menginformasikan peluang usaha didesa paling menjanjikan. Simak infonya berikut ini :

Berikut ini 5 Peluang Usaha Didesa Paling Menjanjikan :


1.Bisnis Kuliner

Bisnis apapun kalau urusannya masalah perut selalu ada pasarnya karena semua orang butuh atau doyan makan. Jadi kalau Anda ingin membuka usaha dan ingin cepat laku bisa memilih Bisnis kuliner. Banyak pilihan yang bisa Anda pilih seperti  Bakso, Ayam Goreng/Bakar, Pecel Lele atau Nasi Rames.

Kunci sukses dari bisnis kuliner salah satunya adalah masalah rasa dan harga, jika rasanya enak dan harganya terjangakau akan diburu pembeli. Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak usaha kuliner ini sangat cocok untuk Anda.

2.Salon Kecantikan

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik baik orang kota maupun desa. Nah untuk urusan kecantikan ini biasanya kaum hawa memilih untuk pergi kesalon kecantikan entah itu untuk potong rambut, lulur, cream bath dan lain-lain. Belum lagi jika ada acara khusus seperti perkawinan tentunya butuh rias pengantin.

Peluang usaha salon kecantaikan didesa cukup menjanjikan untuk dilakukan didesa karena bisa jadi pesaingnya tidak terlalu banyak.

3. Sewa Sound System

Didesa budaya Hajatan masih tetap eksis seperti hajatan perkawinan atau khitanan. Biasanya tuan rumah akan menyewa sound system sebagi tanda kalau sedang melakukan hajatan. Selama masiha ada hajatan kebutuhan sound system ini tetap ada sehingga bisa menjadi peluang bisnis yaitu jasa sewa sound system. Selain untuk hajatan sound system juga sering dipakai untuk pengajian

Perangkat yang diperlukan diantaranya Amplifier, Speaker, Mixer hingga Microphone terkadang dilengkapi dengan Genset. Modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini tidas terlalu besar dan peralatannya mudah diperoleh ditoko elektronik. Agar bisnis ini tidak rugi perlu dipegang oleh operator yang paham elektronika sehingga awet.

4.Sewa Tenda Hajatan

Peluang bisnis ini masih ada kaitannya dengan peluang usaha sebelumnya bahkan biasanya satu paket artinya kalau ada orang yang punya hajatan biasanya akan menyewa keduanya. Dibandingkan Dengan jasa sewa sound system resiko dari usaha sewa tenda hajatan ini lebih kecil karena tidak berkaitan dengan peralatan elektronika namun hanya pasang tenda saja.

Peralatan tenda juga jarang terjadi kerusakan karena terbuat dari besi jadi cukup menguntungkan jika Anda menekuni bisnis sewa tenda hajatan.

5.Ojek

Peluang usaha yang satu ini bisa dibilang bisnis yang sudah populer didesa dan tetap ada yang membutuhkan karena memang sarana transportasi masih terbatas. Meski sekarang ini sudah jamannya Ojol (Ojek Online) namun karena didesa sarananya belum mendukung Ojek konvensional tetap ada peminatnya.

Enaknya lagi untuk menjadi tukang ojek konvensional (Opang) tidak harus menggunakan motor keluaran terbaru motor lamapun masih bsia digunakan yang penting masih bisa digunakan. Caranya juga gampang tidak seperti Ojek Online.

Percayalaha jika Anda tekun menekuni bisnis diatas akan mendapatkan hasil yang memuaskan meskipun hanya didesa. Bagaimana menurut Anda dari 5 Peluang Usaha Didesa paling menjanjikan diatas mana yang menarik minat Anda?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar