Skip to main content

5 Ciri Lokasi Strategis Untuk Toko Kelontong

PALINGUNTUNG.COM - Ciri Lokasi Strategis Untuk Toko Kelontong| Apakah Anda berencana membuka toko kelontong? Jika IYA pertimbangan apa yang anda lakukan. Tepat sekali jika Anda mempertimbangkan dulu lokasi yang strategis. Tak bisa dipungkiri lokasi yang strategis turut andil mensukseskan toko kelontong Anda nantinya.
Lokasi Strategis

Pertanyaannya Bagaimana Anda mengetahui sebuah lokasi strategis? Jika Anda belum pernah menekuni usaha toko kelontong tentunya agak sedikit bingung. Tapi tenang saja kali ini saya akan berbagi informasi tersebut berdasarkan pengalaman saya menekuni usaha toko kelontong selama bertahun-tahun.


Berikut Ini 5 Ciri Lokasi Strategis Untuk Toko Kelontong Selengkapnya :


1.Berada Dilingkungan Padat Penduduk

Lokasi yang paling tepat untuk membuka toko kelontong adalah berada dilingkungan padat penduduk contohnya diperumahan yang unit rumahnya banyak dengan catatan sudah dihuni semua. Jangan salah karena ada perumahan yang sepi padahal unitnya banyak.

Kenapa harus dilingkungan yang padat penduduk ? Yups..karena keuntungan dari setiap penjualan barang relatif kecil sekitar 10%-25 % jadi diperlukan omset yang besar agar keuntungannya menjanjikan. Survey perlu dilakukan jika Anda berencana menyewa ruko atau kios untuk usaha ini. Jika memang ramai silahkan tapi jika sepi sebaiknya mencari lokasi lain.

Hal ini juga berlaku jika Anda ingin membeli rumah yang rencananya digunakan untuk berbisnis baik toko kelontong atau bisnis lainnya.

2.Didepan Jalan Utama lalu Lintas Warga

Toko didepan jalan belum tentu ramai jika bukan jalan utama dimana warga biasanya lalu lalang contohnya jalan diblog perumahan karena biasanya hanya dilalui oleh warga blog tersebut. Cari lokasi yang memang dilalui warga dari berbagai blok misalnya di gerbang perumahan atau dijalan utama perumahan.

Dengan banyaknya warga yang lalu lalang ditoko anda tentu menjadi keuntungan tersendiri karena toko anda bisa promosi gratis karena tentunya setiap warga yang lewat akan melihat toko Anda. Wajar saja jika kemudian sewa ruko yang berada dijalan utama relatif mahal.

3.Parkir Memadai

Hal ini juga patut Anda perhitungkan jangan sampai setelah toko anda ramai ternyata parkirnya sempit sehingga membuat pembeli kurang nyaman. Carilah lokasi yang parkirnya memadai terutama untuk motor bagus lagi kalau mobil juga muat.

Selain untuk kenyamanan pembeli parkir yang memadai juga berguna untuk mempermudah saat Distributor berkunjung ketoko Anda seperti Indomarco, Artaboga atau Wings yang rata-rata menggunakan kendaraan besar.

4.Masyarakat Majemuk

Lokasi yang bagus untuk toko kelontong adalah yang masyarakatnya  majemuk artinya ada karyawan, pedagang atau pegawai. Jika dilokasi tersebut kebanyakan karyawan tentunya toko akan ramai jika karyawan sudah pulang. Berbeda jika masyarakatnya majemuk seperti ada pedagang makanan yang belanja sesudah berjualan atau anak sekolah yang butuh bekal sekolah. Bisa juga tukang ojek yang ingin membeli sesuatu.

Dengan lokasi seperti ini peluang terjadinya transaksi tidak hanya disatu waktu tapi ada saja yang beli sehingga toko kelontong Anda bisa buka lebih lama.

5.Berada dijalur Distribusi Produsen

Faktor yang penting sebelum membuka toko kelontong adalah kemudahan mendapatkan pasokan dari distributor langsung. Biasanya distributor memiliki jalur distribusi disetiap wilayah namun ada kalanya tidak terjangkau oleh distributor bisa jadi karena lokasi baru seperti perumahan baru atau mungkin rute kelokasi tersebut sulit dijangkau dengan kendaraan besar.

Walaupun tetap bisa mendapatkan pasokan selain dari distributor namun harganya tentu lebih murah jika mendapatkan pasokan langsung dari distributor walaupun tidak mutlak.

Demikianlah informasi seputar 5 Ciri Lokasi Strategis Untuk Toko Kelontong Semoga Bisa Membantu Anda menemukan lokasi yang strategis. Salam Sukses!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar