Usaha Toko Kelontong Sederhana Modal Kecil

Usaha Toko Kelontong Sederhana Modal Kecil

Usaha Toko Kelontong Sederhana Modal Kecil

PALINGUNTUNG.COM – Apakah Anda menginginkan Rumah yang Anda tepati lebih berfungsi secara ekonomi? Tentunya sangat menguntungkan bukan, karena tidak hanya sebagai tempat tinggal namun juga menghasilkan. Keuntungan jika Anda memiliki rumah yang bisa untuk usaha adalah waktu anda jadi lebih produktif.
Usaha Toko Kelontong Sederhana

Jika selama ini waktu luang anda dihabiskan untuk menonton TV atau menyalurkan hobi tapi dengan memiliki usaha yang bisa dilakukan dirumah waktu luang anda tidak terbuang percuma justru mampu menghasilkan uang. Mungkin terbersit dibenak anda bukankah merintis usaha dirumah modalnya harus besar?  Bisa saya Jawab,  Tidak Juga! Cukup Banyak kok Usaha rumahan dengan modal kecil.

Salah satunya Usaha yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini yaitu Usaha Toko Kelontong Sederhana. Tentu tahu dong Apa itu toko kelontong, Yups…toko yang menjual aneka kebutuhan  sehari-hari seperti Sembako, sabun, makanan ringan, minuman ringan dan lain-lain. Toko kelontong yang sering anda lihat mungkin yang sudah besar sehingga anda berpandangan modalnya besar.

Anda bisa merintis usaha toko kelontong sederhana atau  toko kelontong kecil-kecilan yang modalnya dibawah 10 juta. Usaha toko kelontong sederhana ini cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin mengisi  kesibukan dengan berbisnis. Banyak keuntungan jika Anda memiliki jika memiliki usaha toko kelontong baik untuk keperluan pribadi atau bisnis.


Jika Anda tertarik menekuni usaha toko kelontong sederhana dirumah anda dengan modal kecil berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan.

1.Siapkan ruang khusus untuk toko

Umumnya rumah tidak didesain untuk toko kelontong sehingga perlu sedikit renovasi khususnya untuk bagian depan perlu ditambahkan Roling door. Anda bisa meminta tukang bangunan untuk merenovasi sedikit dan memesan roling door.

Ukurannya tidak perlu lebar-lebar, ukuran 2,5 x 2,5 m sudah mencukupi untuk sebuah toko kelontong sederhana. Bisa juga menambahkan bangunan semi permanen jika memang ada ruang kosong depan rumah.

2.Sediakan peralatan pendukung

Peralatan yang dibutuhkan untuk merintis toko kelontong sederhana diantaranya Etalase, Rak ,Timbangan, Kalkulator. Jika ingin tidak banyak  keluar modal anda bisa mencari peralatan bekas karena biasanya harganya lebih  murah.

Gunakan peralatan yang ada dirumah seperti Kulkas untuk berjualan minuman dingin atau  es batu. Meja juga bisa anda gunakan untuk memajang barang.

3.Belanja keAgen

Jika toko sudah siap lalu peralatan  juga sudah, langkah selanjutnya adalah belanja stok barang keagen toko kelontong atau  grosir sembako. Cari lokasi agen sembako yang terdekat dari rumah anda sehingga tidak repot.

Pilih barang-barang yang sering dibutuhkan orang terlebih dahulu seperti Beras, Minyak goreng, Gas LPG, Gula pasir, Mie Instan, Sabun, Jajanan anak, Pulsa elektrik. Stok tidak harus banyak-banyak cukup 1 lusin atau renceng. Bisa juga belanja kurang dari selusin untuk barang-barang seperti susu kaleng, minuman ringan botolan, Pasta gigi.

Itulah langkah-langkah untuk merintis usaha toko kelontong sederhana dengan modal kecil. Kesuksesan dari usaha  ini tergantung pada lokasi, jika strategis akan cepat berkembang. Harga eceran serta kelengkapan barang juga bisa menjadi jalan kesuksesan.


Semoga Bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar