Skip to main content

Usaha Toko Kelontong Grosir, Usaha Menjanjikan

Usaha Toko Kelontong Grosir, Usaha Menjanjikan

PALINGUNTUNG.COM – Cara memilih Usaha yang paling aman salah satunya adalah usaha yang terbukti menghasilkan atau banyak dtekuni orang, Setuju? Memang betul dengan merintis usaha yang sudah populer tentunya pasarnya sudah tersedia tidak harus capek mengenalkan usaha anda kemasyarakat.

Salah satu usaha yang sudah  populer bahkan bisa dibilang bisnis turun temurun adalah usaha toko kelontong grosir. Anda pasti tahu dong apa itu usaha toko kelontong? Karena hampir disetiap tempat ada toko kelontong hanya saja kebanyakan mereka menjual secara eceran atau retail. Muncul pertanyaan dari mana toko kelontong eceran ini mendapatkan pasokan barangnya?

Nah…inilah yang kemudian memunculkan usaha toko kelontong grosir dimana toko ini barang yang dijualnya sama dengan toko kelotnong eceran hanya saja jualnya secara partai dan konsumennya dari toko kelontong eceran. Usaha toko kelotong grosir ini cukup menjanjikan karena banyak sekali bertebaran toko kelontong mulai dari toko kecil-kecilan  sampai toko besar khususnya dipemukiman  padat penduduk. Cukup menarik bukan?

Jika Anda tertarik merintis usaha toko kelontong grosir ini sebentar lagi saya akan berbagi informasi seputar usaha ini berdasarkan pengalaman saya selama menekuni usaha toko kelontong. Berikut informasi selengkapnya :


Apa yang harus dipersiapkan sebelum merintis usaha toko kelontong grosir?

Anda perlu menyiapkan lokasi, sebaiknya lokasinya  strategis agar toko anda mudah dikenal orang misalnya didepan jalan besar sehingga tanpa promosipun orang yang lewat  akan tahu keberadaan toko kelontong grosir anda. Lokasi juga akan memudahkan dalam menerima pasokan dari Disributor karena rata-rata dengan Mobil Besar.

Ukuran toko kelontong juga perlu diperhitungkan karena butuh ruang yang lebar untuk menyetok barang. Setelah lokasi tersedia langkah selanjutnya tentu menyiapkan perlatannya mulai dari etalase, rak, gantungan, timbangan hingga kendaraan.

Berapa Modal Awal yang Dibutuhkan?

Modal ini relatif intinya semakin banyak item barangnya semakin besar pula modal yang dibutuhkan namun dengan modal sekitar 30 jutaan anda bisa memulai usaha toko kelontong grosir meski skalanya masih kecil. Barang-barang yang cukup menguras modal adalah sembako atau rokok untuk itu minimalisir bermain barang ini.

Perbanyak stok barang untuk jenis barang seperti minuman ringan kemasan seperti Ale-ale, Zegar, Granita, Okky Jely Drink. Perbanyak juga stok makanan ringan seperti produk dari garuda food, Indofood atau bisa juga kopi sachet. Selain tidak menyedot banyak modal jenis barang seperi ini tidak mudah rusak seperti sembako walaupun ada masa kadaluarsanya tapi masih relatif lama.

Bagaimana Cara Mendapatkan Barang untuk pertama kali?

Pertanyaan ini sering ditanyakan mereka yang ingin merintis usaha toko kelontong grosir ini. Idealnya memang mendapatkan pasokan langsung dari Distributor namun Distributor mau datang jika toko kelontong grosir sudah berjalan. Jadi untuk tahap awal sambil menunggu kedatangan distributor silahkan belanja barang ke Agen terdekat dulu.

Pilih Agen toko kelontong yang besar agar harganya lebih murah dibandingkan dengan agen biasa atau semi agen. Jika memungkinkan nego harganya karena pertama kali belanja jumlahnya tentu banyak, lumayan kalau dapat diskon.

Apa Daya Tarik agar pembeli mau belanja?

Karena toko kelontong grosir Anda masih baru faktor harga masih menjadi daya tarik bagi pembeli minimal harganya sama dengan pesaing tapi kalau bisa lebih murah untuk memancing pembeli atau istilahnya harga promo. Jika toko Anda sudah banyak pelanggan harga bisa dinaikkan sesuai harga pasaran.

Kelengkapan jenis barang yang dijual juga menjadi daya tarik bagi pembeli ,jika stoknya banyak hingga   toko terlihat lengkap dan penuh pembeli tak segan untuk belanja. Tak kalah penting adalah masalah pelayanan, usahakan menyediakan layanan antar atau pesan antar.


Bagaimana Anda Tertarik menekuni Usaha Toko Kelontong Grosir ini ?  Selamat Mencoba dan Semoga Sukses !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar