Skip to main content

Toko Kelontong Online Melalui Facebook

Toko Kelontong Online Melalui Facebook – Harus diakui peran teknologi cukup membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Termasuk dalam bisnis cukup terbantu dengan adanya teknologi yang semakin maju. Pemasaran produk semakin mudah dengan kehadiran internet baik melalui website,aplikasi atau media sosial.
Toko Kelontong Online

Wajar jika kemudian sekarang ini banyak bermunculan pebisnis yang memasarkan produk online secara online termasuk pebisnis toko kelontong. Saya sering menjumpai toko kelontong online yang menawarkan dagangannya melalui grup facebook. Ini tentu sebuah kemajuan pemasaran karena dulunya hanya menunggu pembeli datang.

Semua produk sebenarnya bisa saja dipasarkan secara online hanya saja untuk jenis barang tertentu kurang cocok salah satunya barang-barang yang dijual ditoko kelontong seperti sembako atau makanan ringan. Meski bisa dikirimkan namun karena ongkos kirimnya mahal tentu harganya akan semakin mahal. Namun demikian masih ada celah untuk merintis  toko kelontong Online, Bagaimana caranya ? Simak ulasannya Berikut ini:

Baca Juga :

Toko Kelontong Online Melalui Facebook

1.Buat Akun facebook

Syarat utama merintis bisnis toko kelontong online melalui facebook tentu saja harus memiliki akun facebook. Gampang kok cukup daftar menggunakan nomor HP atau email bisa melalui HP atau komputer. Lengkapi profil akun anda dengan foto real agar tidak dianggap akun bodong yang tentunya meragukan apalagi jika akan jualan , Cantumkan juga alamat yang jelas.

Tambah teman sebanyak-banyaknya terutama orang-orang disekitar rumah anda atau satu kelurahan. Semakin banyak teman tentunya semakin bagus karena ketika menawarkan barang akan banyak dibaca orang.

2.Bergabung dengan komunitas

Penting juga bergabung dengan komunitas khususnya Komunitas facebook jual beli lokal misalnya komunitas jual beli perumahan atau komunitas warga. Cari komunitas jual beli yang bisa langsung posting tanpa moderasi dan anggotanya banyak. Anda bisa bergabung dibeberapa komunitas agar jangkauan pemasarannya semakin luas.

Jika bukan komunitas jual beli perhatikan aturan grup kapan boleh berjualan agar tidak diblokir.

3.Siapkan barang apa saja yang akan dipasarkan

Seperti yang sudah saya singgung diatas tidak semua barang cocok dijual secara online makanya perlu ditentukan dulu barang-barang mana yang akan dipasarkan melalui toko kelontong online seperti Minyak kemasan, Minuman ringan atau Makanan ringan.

Jual eceran atau Partai? Lebih cocok barangnya dijual dalam partai besar atau grosir misalnya 1 Dus  atau  1 pak. Jadi semacam toko kelontong grosir atau agen sembako dengan pemasaran online melalui facebook.

4.Siapkan armada transportasi

Meskipun namanya toko kelontong online namun sistem pembayaran yang tepat adalah COD atau Bayar ditempat. Kalau  transfer dulu baru dikirim tentunya pemesan akan keberatan karena memang cakupan lokal. Untuk keperluan ini tentu memerlukan armada transportasi untuk mengantar pesanan kepembeli.

Anda bisa menggunakan motor roda dua atau bisa yang roda tiga yang penting bisa digunakan untuk mengangkut barang.

5.Rutin Mempromosikan Barang

Setelah semuanya sudah siap tiba saatnya untuk mempromosikan toko kelontong online anda melalui akun pribadi atau melalui grup. Cantumkan harga serta barang-barang yang dijual apa saja. Untuk promosi diakun pribadi sebaiknya sesekali saja sedangkan ke grup jual beli bisa tiap hari. Jangan lupa berikan gambar produk yang jelas.

Untuk tahap awal mungkin belum banyak yang tertarik namun jika harganya bersaing lama-lama akan ada peminatnya apalagi sistemnya COD. Untuk mempermudah pemesanan sebaiknya gunakan komunikasi dengan WhatsApp (WA). Jika ada yang berminat anda bisa mengarahkan kenomor  WA tersebut. Cara ini juga memperkecil peluang orang yang iseng melakukan order fiktif.


Demikianlah informasi seputar Toko Kelontong Online Melalui Facebook Semoga Bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar