5 Pertimbangan Memilih Rumah Untuk Investasi

5 Pertimbangan Memilih Rumah Untuk Investasi

PALINGUNTUNG.COM – Tahukah Anda kalau rumah bisa dijadikan investasi yang menguntungkan? Tak sedikit orang yang memiliki rumah lebih dari satu, hal ini bisa menunjukkan tujuan utamanya bukan untuk dihuni tapi memang untuk investasi. Kelebihan dari investasi berbentuk rumah adalah hasilnya bisa dirasakan dengan cepat misalnya saja rumah tersebut dikontrakan atau dijadikan tempat usaha.
Rumah Untuk Investasi

Dalam jangka panjang harga rumah akan semakin naik sehingga menguntungkan jika nantinya dijual kembali. Namun investasi dalam bentuk rumah membutuhkan kejelian dalam memilih rumah yang akan dijadikan investasi jika salah pilih justru akan mendatangkan kerugian misalnya saja rumah rusak sehingga harga jualnya turun dan jika disewakanpun jarang peminatnya.

Itulah mengapa sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah perlu mempertimbangkan beberapa hal agar investasinya tetap menguntungkan. Nah…pada artikel kali ini saya mencoba membahas 5 Pertimbangan Memilih rumah untuk invesatasi. Berikut informasi selengkapnya :

5 Pertimbangan Memilih Rumah Untuk Investasi


1.Lokasi strategis

Lokasi strategis bisa dilihat dari posisi rumahnya misalnya didepan jalan besar, padat penduduk, terdapat fasum dan fasos disekitar rumah, mudah dijangkau. Rumah yang lokasinya stategis biasanya menjadi incaran para pebisnis misalnya grosir sembako, minimarket, rumah makan dan lain-lain sehingga kalau nantinya rumah tersebut disewakan akan banyak peminatnya dan berani membayar mahal.

Begitupula jika nantinya rumah tersebut akan dijual harganya akan naik berlipat-lipat sehingga sangat menguntungkan. Namun rumah yang lokasinya stategis biasanya harganya lebih mahal dari pada rumah pada umumnya. Bisa saja anda mendapatkan harga agak miring jika yang punya rumah sedang butuh uang.

2.Kontur tanah stabil

Ini juga sangat penting karena jika kontur tanahnya tidak stabil misalnya bekas danau yang diurug tapi kurang padat atau tanah perbukitan biasanya rumahnya mudah retak karena adanya pergerakan tanah sehingga akan ada biaya perawatan yang biayanya tidak sedikit.

Carilah informasi sebanyak mungkin keadaan tanah disekitar rumah yang akan anda beli jika memang tanahnya stabil barulah anda beli.

3.Pertimbangkan memilih rumah baru

Dengan membeli rumah baru atau yang dibangun belum lama kondisi rumahnya masih relatif bagus sehingga apabila nantinya disewakan akan tetap laku. Begitupula dengan biaya perawatan karena masih baru tak perlu renovasi lagi.

Pertimbangkan membeli rumah diperumahan secara kredit karena biaya yang anda keluarkan bisa dicicil dan anda bisa memanfaatkan rumah tersebut untuk usaha sehingga bisa langsung menghasilkan. Bahkan jika lokasinya strategis keuntungan dari usaha dirumah baru tersebut bisa menutupi cicilan rumah tersebut.

4.Kelengkapan Surat-Surat

Surat-surat rumah wajib anda pertimbangkan dan yang paling aman tentunya yang berupa Sertifikat Hak Milik (SHM). Proses balik nama juga bisa menjadi catatan kalau bisa dalam akad jual beli sudah termasuk biaya balik nama sertifikat sehingga anda tidak perlu repot-repot mengurusnya sendiri.

Jangan tergiur harga yang murah jika surat-suratnya belum berupa SHM karena dikuatirkan ada sengketa setelah anda membelinya.

5.Desain Memadai

Desain rumah bisa menjadi daya tarik jika nantinya anda akan menyewakan atau menjual rumah. Desain yang lengkap bisa dilihat dari Jumlah kamar, ruang dapur, kamar mandi, garasi, tempat jemuran. Semakin lengkap tentu semakin baik.

Jika berniat membeli rumah diperumahan secara kredit sebaiknya pilih rumah dengan 2 kamar tidur kecuali jika memang anda berniat merenovasi misalnya dijadikan rumah petakan atau ruko. 1 kamarpun tidak masalah .

Sebenarnya masih banyak pertimbangan-pertimbangan lainnya namun pada kesempatan kali ini saya hanya menyampaikan 5 poin saja.

Demikianlah informasi seputar 5 Pertimbangan Memilih Rumah Untuk Investasi , jika Anda ingin menambahkan silahkan corat-coret dikomentar! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar