Skip to main content

Web Online Shop Masihkah Dibutuhkan?

PALINGUNTUNG.COM – Ada Cerita menarik dari seorang pelaku bisnis toko online yang saya baca dari media sosial. Bisa dibilang Miris bagaimana tidak sebuah web online shop yang sudah dibuat dengan biaya yang tidak murah ternyata dimata pembeli tidak ada artinya.

Web Online Shop

Cerita tersebut berawal dari chat antara penjual dan pembeli dimana pembeli menanyakan link marketplace. Ternyata penjual ini tidak membuka lapak disitus marketplace manapun jadi penjual mengarahkan ke web online shopnya. Namun apa jawaban dari calon pembeli tadi?, “Cuma Web Doang?

Jawaban ini tentu menyesakkan bagi penjual karena membuat lapak dimarketplace itu gratis dan siapapun bisa membuat, sedangkan web online shop hanya penjual profesional yang memilikinya. Membuat web online shop itu sulit hanya orang yang punya skill di web design saja yang bisa. Makanya harus minta tolong ke jasa pembuatan web online shop.

Dari cerita diatas akan muncul sebuah pertanyaan masihkah dibutuhkan keberadaan Web Online Shop? Karena jika semua pembeli perilakunya seperti diatas tentunya seperti sia-sia memiliki Web online Shop. Anggapan ini tentu harus diluruskan karena faktanya masih ada penjual yang menawarkan melalui web online shop.

Baca Juga : 5 Alasan Sebaiknya Pembeli Diarahkan kenomor WhatsApp

Penjelasan berikut ini mungkin bisa menjadi jawaban apakah masih perlu membuat web online shop atau tidak.

1.Pemasaran/promosi produk
Ada beberapa cara mempromosikan produk secara online tapi yang paling populer adalah melalui media sosial, iklan [FB Ads/Ads Google] atau SEO. Jika promosinya melalui media sosial seperti akun pribadi atau grup menurut saya lebih efektif jika menggunakan lapak marketplace alasannya pembeli lebih percaya jika ada link marketplacenya.

Apalagi masih marak terjadi penipuan toko online yang dipromosikan melalui media sosial. Beda lagi jika produk anda dilakukan melalui iklan, web toko online masih dibutuhkan. Selain mempermudah pemesanan juga menimbulkan kepercayaan karena bukan penjual abal-abal.

Begitu juga jika anda memanfaatkan SEO (Optimasi Website di Mesin pencari) keberadaan Web online shop tetap dibutuhkan. Dengan tehnik ini web online shop bisa berada dihalaman satu Google sehingga peluang mendapatkan penjualan semakin besar.

2.Harga Produk
Persaingan antar sesama pelapak di situs marketplace cukup ketat dari pelapak besar sampai kecil ada disitu. Jika produk yang anda tawarkan produk pasaran dan harga yang anda tawarkan kalah murah tentu saja akan sulit bersaing dengan pelapak-pelapak besar.

Apalagi jika Anda jualan tidak punya produk hanya dropship rasanya lebih sulit jika memasarkan produk melalui situs marketplace. Nah..agar produk anda tetap laku caranya dengan memasarkan melalui web online shop baik yang berupa katalog atau Landing Page.

Meskipun harga produk sedikit mahal jika dibandingkan harga disitus marketplace dengan copywriting [promosi] yang menarik peluang terjadinya transaksi masih cukup besar.

3.Perhatikan Kekuatan Modal
Kelebihan dari jualan online melalui situs marketplace adalah anda tidak perlu repot-repot membuat Web online shop sendiri bahkan sistemnya juga serba otomatis namun tetap ada kelemahannya yaitu pelapak harus mengirimkan produknya terlebih dahulu sedangkan pembayarannya masih ditahan marketplace, Jika produk sudah diterima baru uang dikirim kerekening pelapak.

Jika tujuan pengirimannya dekat 1-2 hari mungkin sampai ditambah harus menunggu sampai konfirmasi atau tidak komplain, jika jauh tentu butuh waktu lama uangnya bisa sampai kerekening. Dengan kata lain jika ada pesanan lain dan itu banyak tentu pelapak harus mengeluarkan modal didepan untuk menyediakan produk sehingga modalnya harus dobel.

Beda kalau memasarkan dengan web online shop karena tidak melibatkan pihak ketiga, setiap pembeli akan langsung mentransfer uang kepenjual baru barang dikirim. Dengan sistem ini tentu penjual diuntungkan karena tidak perlu menyetok produk yang banyak bahkan tanpa stok produkpun bisa, seperti dropship karena pembelinya bayar dulu.

Dengan 3 penjelasan diatas tentu anda bisa menentukan apakah perlu membuat web online shop atau cukup menjual produk melalui situs marketplace. Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar