Bisnis Internet diTahun 2019 Masihkah Cerah?

Bisnis Internet diTahun 2019 Masihkah Cerah?

PALINGUNTUNG.COM – Sebentar lagi tahun baru 2019 akan tiba sebagai pebisnis yang memanfaatkan internet tentunya akan mengevaluasi semua pencapaian yang telah diraih pada tahun ini. Jika memang hasilnya bagus perlu dipertahankan atau kalau memungkinkan ditingkatkan ditahun mendatang.
Bisnis Internet

Saya sendiri yang sudah beberapa tahun ini menekuni bisnis internet mulai dari bisnis blog, YouTube sampai jualan online. Meski bisa dibilang Cuma bisnis kecil-kecilan tapi hasilnya lumayan untuk nambah-nambah uang belanja. Saya perlu mengevaluasi kinerja dari semua aset online saya mana mana yang masih produktif dan mana-mana yang tidak perlu dilanjutkan.

Baca Juga : 5 Investasi Online Terbaik Bagi Bloger 

Beberapa fakta-fakta yang telah saya rasakan selama berbisnis Internet ditahun 2018 :

1. Penghasilan Adsense Menurun
Benar kata pepatah Roda Selalu Berputar Kadang diatas kadang dibawah, ketika adsense saya sedang menanjak saya bisa gajian yang tadinya 7 bulan baru bisa gajian menjadi 2 bulan sekali. Namun belum sempat naik menjadi gajian tiap bulan eh justru penghasilan dari bulan kebulan semakin menurun puncaknya pada bulan Oktober lalu.

Kinerja blog blog saya cenderung menurun [Mungkin dia sudah lelah] sehingga penghasilanpun ikut menurun. Penyebab utama turunnya trafik karena update algoritma yang semakin ketat menyaring blog-blog yang tampil dipencarian.

2. YouTube Lebih Mudah Menghasilkan Uang
Meskipun Adsense Blog menurun tapi saya merasa bersyukur karena memiliki sebuah channel Youtube DWISUWEBID yang mulai menghasilkan meskipun saya harus kerja keras agar channel saya disetujui monetisasinya . Bayangkan saya harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang biar channel bisa direview oleh YouTube.

Menurut saya sekarang ini lebih mudah menghasilkan uang dari Youtube dari pada blog apalagi jika memiliki keahlian dalam editing video. Saya saja yang kualitas videonya pas-pasan terbukti bisa menghasilkan. Hanya saja proses pembuatan video butuh proses yang lama karena tidak seperti memposting artikel yang ukurannya kecil, size video HD ukurannya besar sehingga uploadnya lama dan butuh kuota yang banyak belum lagi proses editingnya.

3.Bisnis Artikel Review atau Content Placement Masih Cerah.
Bisnis internet lain yang saya tekuni adalah jasa tanam backlink atau artikel review. Bisnis ini tidak terpengaruh dengan Algoritma Google Karena Patokannya bukan trafik, Asalkan sebuah blog kinerjanya bagus dalam pengertian memilki PA/DA, tampilan yang responsive, rajin update atau banyak kometarnya tetap berpeluang mendapatkan Job meski trafiknya biasa-biasa saja.

Apalagi jika blognya sudah masuk radar advertiser ternama seperti bukalapak atau tokopedia, siap-siap saja mendapatkan Job. Hanya saja persaingan dalam bisnis ini cukup ketat, banyak blogger pemburu Job yang siap bersaing dengan anda terutama jika anda mendapatkan job dari pihak ke-3 serti melalui Sosiago , peminatnya berjibun tidak sebanding dengan TASK yang dibutuhkan. Untungnya saya sendiri lebih banyak mendapatkan job langsung yang kebanyakan sih repeat job atau sudah pernah bekerja sama dengan saya sebelumnya.

4.Bisnis Toko Online Tidak Cukup Bermodalkan Semangat
Hampir setahun saya menekuni bisnis jualan online sebuah produk cetakan martabak, meski belum gagal tapi perkembangannya sangat lambat. Memang sih saya menekuni bisnis tersebut hanya bermodalkan semangat belum berani mengeluarkan modal.

Faktanya kalau jualan online saya laris manis banyak hal yang perlu saya lakukan yang terkadang membutuhkan modal contohnya untuk FB ADS atau Google Adsense karena jika hanya mengandalkan fasilitas gratisan seperti promosi melalui akun facebook pribadi, Grup-Grup atau melalui blog hasilnya tidak maksimal. Meskipun mungkin bagi pebisnis lain efektif tapi bagi saya belum menemukan strategi yang cocok.

Contoh lainnya untuk menyetok produk karena menurut saya lebih maksimal jualan online yang memiliki stok sendiri bukan sekedar dropship.

Dari fakta-fakta diatas menurut pendapat saya pribadi ditahun 2019 nanti YouTube masih cukup cerah untuk dijadikan sumber penghasilan dari internet sedangkan dari Adsense blog tantangannya cukup berat terutama dalam hal mendatangkan trafik karena ketergantungan kepada Google sebagai mesin pencari terbesar cukup  signifikan. Saya tidak tahu Algoritma seperti apa lagi yang akan digunakan dimasa-masa mendatang.

Bagaimana Menurut Anda bisnis internet seperti apa yang akan cerah ditahun 2019? Silahkan share disini!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar