Skip to main content

5 Ide Bisnis Unik Ini Jarang Diketahui Orang

PALINGUNTUNG.COM – Berbisnis dizaman sekarang tidak cukup bermodalkan uang perlu juga melihat sisi uniknya. Jika hanya mengandalkan kekuatan modal tentunya bukan Cuma anda yang memiliki modal bahkan bisa jadi pesaing anda memiliki modal yang jauh lebih besar. Itulah mengapa anda perlu mencari ide bisnis unik Harapannya tentu saja bisnis anda lebih mudah ditemukan dan pesaingnya tidak banyak.

Ide Bisnis unik tidak harus memproduksi produk yang jarang ada dipasaran tapi bisa juga berupa jasa. Banyak keuntungan bisnis jasa diantaranya operasionlnya mudah,tidak perlu menyetok barang atau minim resiko.Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal jasa perbaikan rumah, biro jasa STNK, Jasa reparasi elektronik, Notaris dan lain-lain.

Baca Juga : 3 Usaha Makanan Laris Manis Disekolah 

Namun tahukah Anda ada beberapa ide bisnis unik yang mungkin tidak pernah terlintas benak Anda? Meski tidak populer bukan berarti bisnis tersebut tidak menjanjikan karena tak jarang menjadi kebutuhan masyarakat. Penasaran apa sajakah bisnis itu berikut ulasannya.

1.Jasa Pembuangan Sampah
Permasalahan sampah seringkali menjadi masalah yang pelik terutama untuk daerah yang tidak terjangkau mobil dinas kebersihan. Sampah akan menumpuk bingung mau dibuang kemana jalan keluarnya biasanya membakar sampah tersebut yang sebenarnya tidak menyelesaikan masalah justru menambah masalah karena polusi udara.

Ide bisnis unik pun muncul yaitu jasa pembuangan sampah dan ini sering dijumpai diperumahan-perumahan. Setiap beberapa hari sekali jasa pembuangan sampah ini mengangkut sampah menggunakan mobil khusus dari warga perumahan kemudian membawanya ke TPS (Tempat pembuangan akhir sampah).

Bagi sebagian orang mungkin bisnis ini kurang diminati tapi justru menjadi ladang bisnis yang lumayan menjanjikan. Toh Anda tidak harus terjun langsung karena bisa mempekerjakan orang lain yang terpenting menyediakan sarananya seperti mobil bak terbuka.

2.Jual Beli Air Bersih
Disebagian daerah sumber air tanah susah untuk didapat sehingga lebih mengandalkan pasokan air dari pihak ke-3 seperti PDAM. Beruntung jika rumahnya bisa berlangganan air dari PDAM walaupun terkadang pasokannya tersendat misalnya terjadi kebocoran atau ketersediaan debit air menipis.
Bagaimana dengan rumah yang tidak terjangkau?

Disinilah ide bisnis unik bisa bermain disana yaitu bisnis jual beli air bersih. Bisnis ini bukan hal yang aneh diperkotaan. Banyak dijumpai pedagang air keliling menggunakan jerigen. Jika kebuhannya sedikit mungkin membeli air dari pedagang keliling sudah mencukupi tapi jika banyak belinya hitungannya lebih mahal.

Bisnis jual beli air dalam volume yang besar bisa menjadi alternatif mendapatkan air bersih yang lebih murah dan praktis. Air bersih dijual dalam ukuran 1000 liter menggunakan toren [tandon air] khusus. Nantinya air ini dialirkan ketandon air menggunakan mesin pompa air listrik [Sanyo].

Harga 1000 liter air bersih dipatok sekitar Rp.80.000. Bisnis ini akan ramai jika musim kering atau ketika PDAM sedang tergangu pasokannnya.

3.Jasa Bayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)
Setiap pemilik rumah berkewajiban membayar pajak bumi dan bangunan [PBB] yang bisa dibayarkan melalui Bank yang bekerja sama dengan pemerintah seperti Bank Jabar jika diwilayah Jawa barat.

Sebenarnya bisa juga dibayarkan melaui loket-loket tertentu namun terkadang error. Berbeda jika langsung membayar ke bank biasanya lancar. Namun masalahnya tidak semua tempat dekat dengan bank yang ditunjuk. Nah…akhirnya mau tak mau minta tolong kepada orang yang mau membayarkan PBB ke bank.

Jika perumahan anda juah dari bank peluang bisnis unik ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa menawarkan  jasa membayarkan PPB ke Bank. Meskipun hanya bayar setahun sekali kalau jumlah yang bayar banyak lumayan hasilnya.

4.Jasa Transfer Uang
Di Era bisnis Ecoomerce pembayaran produk dilakukan dengan cara mentransfer sejumlah uang kerekening toko online atau penjual. Namun seringkali pembeli tidak memiliki rekening misalnya masih pelajar atau memang benar-benar tidak memiliki rekening bank. Saya pernah mendapatkan pelanggan yang tidak memiliki rekening hingga harus transfer melalui Kantor Pos.

Melihat kondisi ini sekarang mulai bermunculan jasa transfer uang kerekening Bank. Tarif jasa yang dipungut  minimal  Rp.10.000 per transaksi semakin besar jumlahya feenya juga bertambah. Jasa ini tidak hanya dibutuhkan oleh pembeli produk online tapi bisa juga mengirimkan uang keanak yang sedang kuliah atau sekolah tanpa harus ke ATM atau ke bank.

5.Sewa Kavling Tanah
Apakah anda memiliki tanah kavling yang lokasinya strategis? Ternyata kalau disewakan laku juga loh misalnya saja nantinya akan dijadikan tempat usaha semi permanen atau lapak. Ini tentu menguntungkan karena bisa mendapatkan uang meskipun tanahnya masih kosong.

Pemilik tanah tidak perlu mengeluarkan modal untuk membangun lapak karena itu terserah sipenyewa.  Jika lokasinya strategis saya yakin banyak peminatnya.

Demikianlah informasi seputar 5 Ide Bisnis Unik semoga bisa menginspirasi Anda untuk berbinis. Atau anda memiliki ide bisnis lain Silahkan share disini!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar