Usaha Kecil Bermodalkan Motor Bekas

Usaha Kecil Bermodalkan Motor Bekas

PALINGUNTUNG.COM – Percayakah Anda kalau usaha besar berawal dari usaha kecil? Saya bisa memberikan contoh nyata yang dialami saudara saya. Awalnya saudara saya ini merintis bisnis toko online baju bola. Pertama kali merintis baju bolanya mengambil dari Grosir baju di Tanah Abang Jakarta. Namun ternyata perkembangannya kurang bagus belum lagi ketar-ketir dengan masalah hak paten karena menggunakan merk kaos olah raga ternama (Merk KW).

Usaha Kecil

Dari situlah akhirnya muncul ide membuat baju bola sendiri dengan mempekerjakan penjahit berpengalaman. Hasilnya ternyata cukup bagus banyak pesanan yang datang hingga akhirnya bisa sukses menjadi toko oline baju bola. Itu baru satu contoh saja masih banyak contoh lainnya namun yang perlu dicatat usaha apapun mau besar mau kecil kalau dijalani dengan baik hasilnya juga akan baik.

Usaha kecil mungkin hasilnya tidak menjanjikan bagi sebagian orang namun jika dicermati usaha kecil bisa menjadi awal untuk menekuni usaha yang lebih besar. Contoh mudahnya saya sendiri, saat ini saya menekuni usaha kecil martabak mini dan ternyata saya bisa melebarkan sayap dengan menjual cetakan martabak secara online. Saya juga bisa melebarkan sayap dengan membuka toko yang menyediakan bahan-bahan untuk membuat martabak. Hanya saja Karena keterbatasan modal sampai saat ini saya hanya menjual cetakan martabak mini dalam partai kecil.

Salah satu usaha kecil yang cocok untuk pemula karena modalnya relatif kecil adalah usaha yang menggunakan motor bekas dimana motor ini dimodifikasi menjadi semacam toko berjalan. Motor yang digunakan tidak harus baru, bekaspun bahkan motor tuapun dengan harga sekitar 1 jutaan pun jadi. Pasti anda sering lihat dong pedagang yang berjualan menggunakan motor. Bagaimana sih sebenarnya seluk beluk usaha kecil bermodalkan motor.

Baca juga :
Usaha Rumahan Modal Cuma 300 ribuan
5 Usaha makanan laris manis disekolah

Jenis-jenis usaha kecil yang bisa dilakukan

Banyak usaha kecil bermodalkan motor bekas ini namun berdasarkan pengalaman saya, usaha kecil makanan paling banyak ditekuni, kebetulan teman-teman saya sesama pedagang kaki lima kebanyakan menggunakan motor bekas. Contohnya Usaha makanan Cilor, Bilor, Martel, Takoyaki, Kue cubit, martabak mini, Baso bakar, Crepes, Makaroni dan masih banyak lagi.

Kenapa usaha kecil makanan yang paling tepat? karena bisnis makanan tidak terlalu sulit mencari pembelinya asalkan mangkal ditempat yang ramai. Bahan-bahannya juga mudah didapat serta harganya terjangkau.

Peralatan yang dibutuhkan usaha kecil

Motor bekas digunakan untuk membawa barang dagangan untuk menekuni usaha kecil sehingga diperlukan peralatan tambahan semacam kotak yang diletakkan di bagian jok belakang. Kotak/gerobak ini bisa dipesan di tukang las atau bisa juga membuat sendiri menggunakan kayu.
Usaha Kecil


Kotak ini nantinya untuk meletakkan peralatan memasak seperti kompor , tabung gas ataupun bahan-bahan makanan. Semakin ringkas bentuk kotaknya tentu semakin baik karena bobotnya lebih ringan dan ukurannya tidak terlalu besar sehingga kalau melewati gang-gang perumahan tidak sulit ataupun kalau mangkal secara kaki lima tidak memakan tempat.

Mencari Lokasi Mangkal Usaha Kecil

Keuntungan usaha kecil bermodalkan motor bekasi ini adalah pemasarannya bisa keliling bisa juga mangkal. Kalau mau mangkal jika usaha kecilnya berupa makanan bisa mangkal disekolah-sekolah pada jam sebelum masuk sekolah, jam istirahat maupun jam pulang sekolah Bisa juga mangkal dipasar kaget atau bisa juga didepan jalan-jalan yang ramai misalnya gerbang perumahan atau dekat dengan komplek pertokoan.

Dengan menggunakan motor Anda bisa dengan mudah mencari lokasi mangkal yang cocok artinya jika sudah mangkal tapi sepi pembeli bisa cepat mencari lokasi yang lain.

Bagaimana Apakah Anda tertarik untUk mencoba menekuni usaha kecil bermodalkan motor bekas? Selamat berwirausaha!  
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Kadang saya juga pengen usaha dagang2 gitu mang, sekarang mau kumpul2 dulu, rencana mau jualan es kelapa muda haha :D
Kalau menurut saya pribadi kadang mungkin bukan masalah di ide usaha apa yang memmbuat seseorang sulit untuk usaha atau buka usaha, tapi mungkin lebih ke eksekusinya, dan bagaimana memuainya, karena ide biasanya bertebaran dijalan seperti contoh diatas, dulu bahkan saya pernah usaha jualan minuman asong di bus sampai jualan ikan sin keliling,,,, tapi yah semuanya keknya kurang cocok, mungkin karena kurang suka juga sama kerjaannya hahah..
next artikel,, ide2 usaha di kampung yah mang :D

Balas

Ya sUDAH langsung eksekusi dong...prospeknya lumyan jugaa tuh es kelapa mudah, apalagi rasanya sudah kekinian ada ras durian, nangka dll. Kan mudah b isnis es kelapa cuma modal termos es, kelapa, es batu. Ga usah banyak mikir, buka aja dulu....Siap nanti saya usahakan bikin artikelnya. Usaha di kampung

Balas