[FOTO] Kekurangan Bukan Halangan Untuk Usaha Sendiri

[FOTO] Kekurangan Bukan Halangan Untuk Usaha Sendiri

PALINGUNTUNG.COM – Banyak diantara kita yang kalau diajak usaha sendiri melontarkan seribu satu macam alasan, ya kurang modal lah, bingung mau usaha apa, minder, takut rugi dan lain-lain. Padahal merintis usaha sendiri kalau dibilang mudah sebenarnya mudah tapi kalau dibuat susah yang memang jadinya tak kunjung usaha sendiri.


Bayangkan jika jika usia produktif yang saat ini menjadi pengangguran mau usaha sendiri tidak mengandalkan menjadi pegawai atau karyawan swasta mungkin angka penganguran di Indonesia menjadi banyak berkurang. Faktanya sekarang ini kalau baru lulus sekolah atau kuliah pasti yang dikejar pertama kali tentu melamar pekerjaan.

Kalau usianya masih muda atau statusnya masih lajang mungkin wajarlah kalau mendahulukan mencari pekerjaan dibandingkan dengan usaha sendiri, mungkin masih penasaran bagaimana sih kerja itu? Tapi bagaimana dengan mereka yang terkena PHK, punya tanggungan keluarga, usia sudah tidak muda lagi tapi masih menganggur tentunya menjadi pertanyaan besar.

Mungkin mereka perlu belajar pada sosok pemuda yang memiliki kekurangan ini. Saya salut pada pemuda ini sebut saja namanya Dadan. Saya mengenal Dadan karena sama-sama berjualan didepan sebuah sekolah dasar swasta di Sukaragam Serang Baru Bekasi. Dadan merupakan pemuda yang memiliki kekurangan fisik yaitu tidak bisa bicara dengan jelas atau istilahnya Gagu.


Meski tidak bisa bicara namun Dadan ini tak malu untuk usaha sendiri meskipun Cuma jualan ikan cupang. Bermodalkan sepeda kecil Dadan ini menjajakan ikan-ikan cupangnya setiap jam pulang sekolah sekitar jam 14.00. Meskipun bicaranya tidak jelas toh ada saja pembeli ikannya yang kebanyakan memang anak-anak sekolah.

Membaca kisah nyata ini masihkah Anda mempunyai rasa malu untuk merintis usaha sendiri? Sedangkan fisk Anda normal bahkan mungkin sudah punya modal. Anda mungkin perlu mencontoh semangat dari Dadan ini. Usaha apapun yang penting halal kenapa harus malu? Dan usaha tidak harus langsung besar tapi bisa mulai dari usaha kecil dulu. Semoga bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

Inspiratif kali ya mas, disini kita kadang mulai berpikir, apa kabar mereka yang sehat seutuhnya namun tidak mau berusaha untuk sekedar mencari pekerjaan ataupun membuka usaha sendiri walau kecil-kecilan ??
Terima kasih kisah inspiratif nya mas..

Balas

Slow aja mas..ngeblog itu jangan dibuat sulit. Nulis di blog bukan seperti karya tulis yang bahasanya harus baku/EYD. yang penting pembaca paham..meski buka bahasa baku. Lagian itu kan cuma Label artikel saja.

Saya nulis ini tujuan utamanya ya supaya menginspirasi orang seperti tiu

Balas

Satu bukti contoh yang patut ditiru untuk semua orang bahwa hidup itu tidak perlu kenal gengsi ...
Mencari rejeki halal, pekerjaan apapun dijalani.

Sangat inspiratif 👍

Balas