5 Penyebab Toko Online Sepi Pembeli

5 Penyebab Toko Online Sepi Pembeli

PALINGUNTUNG.COM – Apakah Anda termasuk pebisnis yang tak kunjung menikmati Kesuksesan Bisnis secara offline? Jika YA mungkin sudah saatnya Anda melirik bisnis secara online. Kenapa demikian? Karena memang bisnis secara online peluangnya lebih besar dari pada bisnis secara offline. Pasarnya lebih luas dan jam operasionalnya lebih panjang.

Toko Online Sepi Pembeli

Salah satu jenis bisnis online yang kini semakin diminati adalah jualan produk secara online atau toko online. Siapapun bisa dengan mudah buka Toko online karena memang medianya sudah tersedia seperti melalui Facebook, Instagram, Marketplace maupun website. Sayangnya kemudahan -kemudahan tersebut seringkali tidak dimaksimalkan bahkan tekesan asal ngelapak. Bisa ditebak akhirnya toko online sepi pembeli.

BACA JUGA ; 5 Kesalahan Pebisnis Toko Onliner Berakibat Fatal 

Sepinya toko pembeli bisa disebabkan oleh berbagai faktor namun secara garis besar setidaknya ada 5 penyebab Toko Online sepi pembeli. Apa sajakah itu Simak informasinya berikut ini.

1.Produk Kurang Dibutuhkan orang
Produk apa saja bisa dijual melalui toko online namun tidak semua produk laku dipasaran hanya produk –produk tertentu saja. Cara mengetahuinya bagaimana? Setiap pembeli produk melalui internet umumnya ketika akan membeli produk akan mengetikkan kata kunci produk tertentu di mesin pencari seperti Google. Misalnya Saya butuh Keyboard komputer biasanya saya mengetikkan:  Harga Keyboard Murah. Nah perilaku pembeli ini bisa dipelajari melalui riset kata kunci dengan Tools tertentu. Dari situlah bisa diketahui produk-produk mana yang pencariannya tinggi dengan kata lain banyak yang membutuhkan.

Jika Anda memilih produk yang pencariannya rendah tentu saja konversi penjualannya juga rendah. Hal ini saya buktikan sendiri pada toko online saya. Kebetulan memang kata kunci pencariannya rendah namun karena memang saya suka dengan produk yang saya jual akhirnya saya tetap menjual produk tersebut. Hasilnya meski tidak sepi-sepi amat namun menurut saya kurang maksimal. Jadi jika saat ini toko online Anda sepi pembeli bisa jadi karena memang produk yang dijual kurang dibutuhkan orang.

2. Website Kurang Profesional
Ditengah maraknya TUTI (Tukang Tipu) di bisnis toko online membuat pembeli lebih selektif membeli produk secara online. Salah satu pertimbangannya adalah melihat website toko onlinennya apakah terlihat profesional atau asal-asalan. Semakin bagus tampilannya tentu semakin bisa dipercaya.

Keberadaan website toko online ini sangat penting karena selain menambah kepercayaan pembeli juga memudahkan pembeli ketika akan memesan produk. Jadi nantinya setiap promosi yang anda lakukan akan diarahkan ke website tersebut.

Jika saat ini Anda belum memiliki website toko online bisa jadi itulah yang menyebabkan toko online anda sepi pembeli. Jika Anda tidak ingin ribet membuat website sendiri sebenarnya ada cara mudah mengatasainya yaitu bergabung dengan situs  marketplace seperti tokopedia ,bukalapak atau shopee. Namun karena anda numpang disana anda harus mengikuti peraturan yang ada agar tidak di baned tokonya.

3.Kurang Menguasai Optimasi mesin pencari
Membuat toko online memang mudah apalagi sudah ada aplikasi pendukungnya namun yang sulit adalah mendatangkan pengunjung ke website tersebut. Memang sekarang ada media sosial seperti facebook tapi apakah anda akan tiap hari meng share  URL web toko online? Belum tentu orang-orang yang anda share berminat pada produk tersebut.

Cara yang paling efektif adalah promosi melalui mesin pencari Google. Ada 2 cara yang pertama dengan tehnik Optimasi mesin pencari (SEO) atau dengan Iklan Ads Word Google. Jika ingin cara gratis tentu  harus menggunakan tehnik SEO diantaranya menentukan kata kunci produk, backlink, artikel marketing dan lain-lain.

Jika Anda tidak melakukan apapun dengan kata lain Cuma menunggu pengunjung datang saya rasa sulit untuk mendapatkan pembeli. Itulah mengapa jika anda ingin konversi penjualannya bagus anda setidaknya harus menguasai tehnik SEO dasar.

4.Promosi Kurang Maksimal
Seperti halnya toko didunia nyata popularitas ikut mempengaruhi penjualan, logikanya bagaimana orang akan membeli sedang nama tokonya saja tidak tahu. Itulah mengapa toko online baik yang masih baru ataupun yang sudah lama memerlukan promosi. Tengoklah situs merketplace meski namanya sudah populer toh tetap melakukan promosi meskipun biayanya mahal.
Promosi bisa dilakuakn dengan brgabi maca cara mau yagn gratisan atau yang berbayra msilnya meluai artikel marketing, video marketing, iklan.

5. Pelayanan Buruk
Pelayanan yang buruk juga bisa menjadi sebab toko online sepi pembeli apalagi jika Anda bergabung dengan situs marketplace, jika toko anda mendapatkan feedback negatif bisa menjadi batu sandungan  kemajuan toko online Anda. Berikan pelayanan sebaik-baiknya kepada pembeli mulai dari kualitas produk,pelayanan dalam melayani chat, pengemasan produk hingga kecepatan dalam pengiriman.

Pelayanan buruk bisa menurunkan reputasi toko online Anda apalagi sekarang ini pembeli bisa dengan mudah meng share pengalaman buruk berbelanja di toko online. Sekali saja pembeli kecewa bisa membuat calon pembeli lain mengurungkan niat untuk belanja.

Demikianlah Informasi seputar 5 Penyebab Toko Online Sepi Pembeli Semoga saja toko online Anda tidak mengalaminya. Salam Sukses! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar