5 Fakta Menghasilkan Uang dari Blog

5 Fakta Menghasilkan Uang dari Blog

PALINGUNTUNG.COM – Tak bisa dipungkiri jumlah blogger semakin lama semakin bertambah banyak. Hal ini bisa dilihat digrup-grup blogger dimana blogger baru bertanya tentang blogging. Motivasi mereka Sebagian besar karena ingin menghasilkan uang dari blog bukan sekedar ingin menulis saja. Tak salah memang karena semua memiliki kesempatan yang sama dan membuat blog tidaklah terlalu sulit.

Menghasilkan uang

Namun pertanyaannya apakah mudah menghasilkan uang dari blog? Hal ini perlu diketahui mereka yang ingin terjun ke dunia blog, jangan sampai semangat ngeblog hanya fatamorgana cepat munculnya cepat juga tenggelamnya. Faktanya masih banyak yang mengeluh kenapa sampai saat ini belum bisa menghasilkan uang dari blog.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Membangun Blog Untuk Jasa Backlink


Berdasarkan pengalaman saya ngeblog sejak tahun 2011 ada fakta yang patut diketahui bagi mereka yang ingin menghasilkan uang dari blog. Berikut ulasannya :

1.Butuh Waktu yang lama sebuah blog mampu menghasilkan Uang
Membuat blog itu sebenarnya mudah apalagi jika menggunakan mesin blogspot. Namun mendatangkan trafik itu yang sulit apalagi untuk kelas pemula. Padahal trafik adalah kunci sukses menghasilkan uang dari blog. Tanpa trafik rasanya sulit untuk mendapatkan penghasilan.

Sebuah blog baru butuh waktu yang relatif lama sampai trafiknya bagus bahkan tak jarang blog-blog gagal mendatangkan trafik alias sepi pengunjung. Mungkin karena ketidakpastian inilah yang membuat sebagian bloger menyarankan agar ngeblog dijadikan pekerjaan sampingan saja jangan terlalu fokus kesana karena nantinya bisa kecewa.

2.Mengelola Blog Tidak hanya mampu menulis
Inti  dari mengelola blog memang menulis namun untuk menghasilkan uang dari blog tidak cukup hanya memiliki kemampuan menulis saja masih banyak kemampuan lainnya yang harus dikuasai meski dasar-dasarnya saja contohnya SEO, Desain grafis, Bahasa pemograman internet dasar, Webmaster, Web Hosting, Marketing dan lain-lain.

Sebagai pemilik blog perlu mengetahui bagaimana memilih topik artikel yang akan ditulis supaya banyak pengunjung, mau tak mau blogger harus tahu bagaimana riset kata kunci, persaingan kata kunci serta membuat artikel yang mengandung kata kunci. Blogger juga perlu tahu desain blog yang fast loading, responsive atau SEO Friendly serta mengedit template.

Bloger juga harus bisa memasarkan blognya sehingga mengundang advertiser untuk bekerja sama dengan cara menghubungi melalui email atau mendaftar ke situs influencer.

3.Banyak Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog
Menghasilkan uang dari blog itu tidak hanya dari Google Adsense masih banyak cara-cara lainnya yang bisa menyesuaikan dengan blognya. Contohnya saja blog download lebih cocok jika menggunakan  model CPM seperti Adfly. Jika blogger mau menjual produk/jasa bisa juga dilakukan melalui blog. Cara lainnya yang tak kalah menarik adalah melaui jasa review atau tanam backlink karena trafik bukan syarat utama seperti Adsense.

4.Google Memegang peranan Penting
Sebagian besar cara menghasilkan uang dari blog sangat tergantung pada mesin pencari google minimal sebuah blog harus terindeks mesin pencari atau lebih bagus lagi kalau mampu tampil dihalaman satu Google jika tidak apalagi sampai blog terkena deindeks alamat akan susah mendapatkan penghasilan dari Goolge.

Mau tak mau pemilik blog atau webmaster perlu menguasai optimasi mesin pencari atau SEO seperti kata kunci, backlink atau promosi blog yang benar. Blogger juga perlu mengetahui pedoman  webmaster google agar tidak terkena sangsi.

5. Penghasilan Tidak Bisa Diprediksi
Menghasilkan uang dari blog itu banyak seninya salah satunya adalah kita tidak tahu kapan blog akan mulai menghasilkan atau berapa jumlah yang akan diraih. Terkadang penghasilan dari Adsense naik turun. Kalau lagi naik sih pasti gembira tapi kalau Pas turun drastis semangat ngeblogpun jadi ciut.

Apalagi jika mengharapkan Job review kadang sudah menunggu tak kunjung datang tapi giliran kita sudah lupa eh malah ada yang menghubungi melalui email.

Demikianlah informasi seputar 5 Fakta menghasilkan Uang dari Blog, Jadi jangan kaget YA jika hasilnya tidak sesuai harapan. Tetap semangat dan Optimis! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

Aku 4 tahun mengenal blog gak pernah dapat apa2 hehe emangsih gak pernah fokus.. bahkan sampe 2,5 tahun menghilang dr dunia blogging

Balas

menghasilkan uang dari aktiviti blog adalah cabara yang gentir..

yang bijak dan mahir boleh menikmati hasilnya

Balas