5 Alasan Sebaiknya Pembeli diarahkan kenomor WhatsApp

5 Alasan Sebaiknya Pembeli diarahkan kenomor WhatsApp

PALINGUNTUNG.COM – Beberapa bulan mengelola toko online kecil-kecilan CETAKAN7.WEB.ID membuat saya banyak menemukan hal-hal baru yang tidak saya bayangkan sebelumnya. Ini tentu bermanfaat bagi saya agar bisa lebih baik dalam mengelola toko online kedepannnya. Memang sih bisa dibilang omset toko online saya masih kecil namun setidaknya saya bisa praktek langsung bagaimana mengelola toko online itu.

5 Alasan Sebaiknya Pembeli diarahkan kenomor WhatsApp

Salah satu hal yang saya perlu banyak belajar adalah strategi pemasaran karena itu adalah ujung tombak kesuksesan sebuah toko online. Media promosi yang dipercaya efektif mendatangkan penjualan adalah promosi melalui Facebook karena penggunanya terbilang cukup banyak. ltulah mengapa saya juga tak ketinggalan mempromosikan Cetakan7 Online Shop melalui Facebook hanya saja promosinya gratisan bukan pakai FB Ads. Saya lebih memilih mempromosikan toko online melalui beberapa Fans Page.

Dari beberapa Fanspage yang saya buat ternyata ada 1 fans page yang lebih menonjol dalam pengertian mendatangkan konversi yaitu dengan menanyakan harga atau  Kirim pesan[PM ] atau like. Sayangnya dari semua Action pengunjung belum ada satupun yang membeli padahal katanya tertarik dan ingin memesan. Beda dengan pengunjung yang berasal dari Youtube langsung memesan melalui nomor WhatsApp [WA].

BACA JUGA ; Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal 

Dari pengalaman ini sekarang jika ada yang Tanya-tanya melalui Faceoook langsung saya arahkan ke nomor WA. Beberapa Alasan yang mendasari saya memutuskan melakukan hal tersebut diantaranya:

1.Menguji keseriusan Pembeli
Membuat akun facebook itu cukup mudah tak heran jika bertebaran akun-akun palsu. Apa jadinya jika akun-akun semacam itu menghubungi toko online saya, Tanya-tanya dan mengaku tertarik mau membeli?. Berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya kebanyakan yang mengaku berminat membeli, setelah saya arahkan ke nomor WA ternyata tidak ada kelanjutannya.

Berbeda jika pengunjung memang ada niat untuk membeli biasanya langsung menghubungi melalui nomor WA meski tanya-tanya dan tidak jadi membeli setidaknya pengunjung sebenarnya memang serius hanya saja karena mungkin ongkirnya mahal atau harganya tidak cocok akhirnya memutuskan untuk tidak membeli. Jadi menurut saya jika memang pengunjung serius akan membeli biasanya jika diarahkan ke nomor WA tidak akan menolak.

2.Mempermudah Komunikasi
Dibandingkan dengan media komunikasi lain seperti SMS, menelpon atau melalui form kontak, WA menurut saya yang paling mudah dan praktis. WA bisa mengirim pesan secara cepat sehingga cocok sekali jika digunakan untuk komunikasi antara pembeli dan penjual.

Mengirim pesan WA tidak harus menggunakan jaringan yang super cepat meski Cuma 3 G juga lancar. Apalagi rata-rata HP terkini relatif mudah untuk menginstall aplikasi WA. Belum lagi rata-rata pengguna HP sekarang berlangganan paket data jadi tidak lagi memikirkan biaya.

3.Tanpa Biaya
Berbeda dengan menelpon yang butuh pulsa yang tidak sedikit atau SMS yang tetap kena biaya, Komunikasi dengan WA tanpa biaya dengan catatan sudah berlangganan paket data atau WIFI. Hari gini siapa sih yang tidak butuh kuota? Apalagi rata-rata pengguna hp menggunakannya untuk bersosial media seperti facebook.

Ini tentu sangat menguntungkan bagi pembeli karena bisa bebas bertanya-tanya tanpa memikirkan biaya bahkan bisa menelpon langsung dengan penjual.

4.Multi Media
Ini juga salah satu keunggulan dari WA karena bisa mengirimkan data multimedia baik gambar, video, suara, link maupun dokumen. Hal ini akan memudahkan pembeli yang ingin mengetahui deskripsi dari produk yang akan dibeli. Penjual cukup mengirimkan gambar produk melalui WA bahkan jika kurang puas bisa mengirim video juga.

Saya sendiri merasakan betul kelebihan WA ini kebetulan toko online saya memberikan bonus berupa Ebook dan bimbingan gratis. Saya bisa dengan mudah mengirimkan ebook tersebut melalui WA. Bahkan jika ada pembeli yang mau Tanya-tanya pembuatan martabak bisa saya arahkan ke link YouTube jadi cukup membantu saya.

5.Mudah mem Follow Up
Dengan menyimpan nomor WA pembeli atau calon pembeli saya bisa dengan mudah mem follow up. Contohnya saat saya ingin mengkonfirmasi pembeli apakah sudah sampai atau belum atau pembeli mengkonfirmasi transferan atau buktinya. Saya juga bisa mengetahui mana-mana pengunjung yang memang serius mau membeli karena terkadang ada yang Cuma nanya-nanya saja khususnya resep martabak mini karena histori percakapan sudah tersimpan.

Itulah 5 Alasan Sebaiknya pembeli diarahkan kenomor WhatsApp, Anda boleh melakukannya boleh juga tidak tergantung kebutuhan toko onlinenya.Semoga Bermanfaat
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar