5 Alasan Pebisnis Sebaiknya Memiliki Blog

5 Alasan Pebisnis Sebaiknya Memiliki Blog

PALINGUNTUNG.COM – Berawal dari perbincangan dengan seorang tetangga perumahan dimana tetangga saya ini memiliki usaha PPOB dan saya membayar tagihan listrik disitu. Disela-sela proses pembayaran muncullah obrolan tentang bisnis online dimana saya bercerita kalau saat ini sedang menekuni usaha toko online cetakan martabak. Ternyata tetangga saya ini juga memiliki bisnis online dalam bidang jasa pembuatan pagar atau teralis.

pebisnis

Tetangga saya ini memasarkan jasanya melalui sebuah website dan menurut penuturan tetangga saya ini hasilnya lumayan, saat ini tinggal menunggu pesanan datang. Tak lupa sayapun menanyakan URL websitenya untuk saya pelajari. Sesampai dirumah saya langsung mengunjungi websitenya. Ternyata desain websitenya cukup sederhana bahkan menggunakan custom domain sedangkan hostingnya menggunakan blogspot jadi seperti blog biasa hanya saja tidak berisi banyak postingan-postingan.

Websitenya berbentuk website profil jadi dihalaman utamanya hanya menampilkan profil jasa pembuatan pagar atau teralis mulai dari alamat kontak yang bisa dihubungi serta macam-macam pagar atau teralis yang sudah dipesan.

BACA JUGA ; 5 Kesalahan Pebisnis Toko Online Berakibat Fatal 

Hal ini tentunya patut dicontoh oleh para pebisnis baik yang bergerak dalam bidang jasa atau konsumsi. Alangkah baiknya jika Anda yang memiliki bisnis memiliki blog. Setidaknya ada 5 Alasan pebisnis sebaiknya memiliki blog. Berikut informasi selengkapnya:

1.Memperkuat Branding
Jika sebuah bisnis memiliki website atau blog akan memperkuat branding sehingga bisnis anda akan semakin populer. Hal ini ternyata dilakukan juga oleh brand-brand besar seperti Telkomsel, Indosat, Polytron dan masih banyak lagi. Walaupun memang website mereka bukan blog biasa tapi menggunakan CMS/desain yang profesional.

Jika bisnis anda hanya usaha kecil tak perlu ragu karena membuat blog profil tidaklah sulit bahkan biayanya juga murah sebagai contoh jika anda hanya membeli domainnya saja harganya cuma sekitar Rp.120.000 untuk 1 tahun.

2.Media Promosi
Saat ini media digital sudah berkembang pesat salah satu media untuk berpromosi dan sekarang ini tidak perlu lagi pasang brosur dijalan-jalan tapi cukup diiklankan atau dipromosikan secara online baik melalui media sosial atau iklan berbayar.

Dengan memiliki website [blog] profil anda akan semakin mudah mempromosikan produk atau jasa anda karena anda tinggal mengarahkan pengunjung kewebsite resmi bisnis anda. Misalkan saja anda mempromosikan produk atau jasa dimedia sosial dibagian akhir status bisa anda cantumkan website Anda. Ini tentu menjadi nilai lebih dimata pengunjung internet dari pada hanya mencantumkan nomor WA saja.

3.Mempermudah Komunikasi dengan Pelanggan
Dalam menjaring konsumen kelancaran komunikasi antara penjual dan pembeli sangat dibutuhkan apalagi jika yang ditawarkan jasa. Misalnya saja pembeli ingin mengetahui lebih jauh produk atau jasa yang ingin anda tawarkan. Dengan adanya blog anda bisa menampilkan deskripsi barang atau jasa anda baik dengan gambar ataupun video.

Hal ini tentu akan menghemat waktu karena anda tidak perlu sibuk menjawab satu persatu setiap pertanyaan yang masuk, Anda cukup mengarahkan pengunjung keblog anda. Anda bisa membuat halaman statis seperti cara pemesanan, Kontak, about us atau FAQ.

4.Berfungsi sebagai Landing Page
Dalam bisnis, promosi menjadi salah satu strategi mendatangkan pelanggan. Cara mempromosikan bisnis salah satunya dengan beriklan seperti difacebook ads atau Google Ads. Nah…jika Anda memilih itu keberadaan website landing page sangat diperlukan. Sebenarnya bisa saja hanya mencantumkan nomor WA namun kurang efektif beda jika diarahkan ke website landing page.

Nantinya pengunjung bisa membagikan landing page tersebut kesosial media sehingga bisnis anda semakin populer. Landing page juga akan membuat pelanggan semakin tertarik dengan produk/jasa Anda karena biasanya menggunakan copy writing yang bagus.

5.Menambah kepercayaan Pelanggan
Sebuah bisnis yang memiliki website resmi atau blog secara tidak langsung akan menambah kerpecayaan pelanggan. Namun ternyata bukan sembarang blog, misalnya saja jika menggunakan domain gratisan tentu kurang bisa dipercaya. Jika Anda memiliki blog anda bisa mencantumkan alamat atau profil pemilik sehingga pelanggan akan lebih percaya untuk bertransaksi atau menggunakan jasa Anda.

Saya sendiri sudah membuktikannya sendiri, toko online saya CETAKAN7.WEBID kebetulan menggunakan Landing page. Meskipun saya tidak memasarkan produk melalui marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak toh pembeli tidak merasa takut membeli ketoko online saya.

Bagaimana menurut Anda apakah penting sebuah bisnis memiliki blog atau website? Silahkan share disini !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Gua wirausahawan mas, cuman blog gua isinya cuman curhat nggak jelas aja hehe, boro2 memperkuat branding, memperkuat hati aja masih belum bisa ckck

Balas

Untuk poin "3.Mempermudah Komunikasi dengan Pelanggan", saya hanya sekedar bertanya:"bagaimana kalau pelanggan tak punya blogger?"

thank you sebeumnya.

Balas