Bisakah Ngeblog Dijadikan Pekerjaan?

Bisakah Ngeblog Dijadikan Pekerjaan?

PALINGUNTUNG.COM - Pertanyaan pekerjaan seringkali dilontarkan saat perbincangan antara teman atau kenalan. Pekerjaan seseorang sepertinya sudah menjadi pertanyaan wajib apalagi bagi orang tua kepada calon pendamping hidup anaknya, Pasti akan ditanya apa pekerjaannya kalau pekerjaannya jelas apalagi PNS orang tua pasti akan senang.

Pekerjaan Ngeblog

Apa jadinya jika Anda ditanya pekerjaan apa lalu jawabannya, “SAYA NGEBLOG!” saya yakin sebagian besar orang akan melongo atau bingung. Apalagi jika mengetahui kalau blogger itu kerjanya hanya didepan komputer. Anggapan miringpun akan terlontar dari mereka yang masih awam, bilang pengangguran lah, Cuma buang-buang waktu.

Saya sendiri merasakan anggapan miring tersebut, pernah suatu saat saya pas sedang didepan komputer eh ada tetangga yang lihat dan bilang,” Facebookan terus…!”. Saya sih Cuma ketawa dalam hati. Jadi selama ini jarang yang tahu kalau saya mendapatkan uang hasil dari ngeblog. Bahkan kalau diperumahan saya justru dikenal sebagai Tukang Martabak.

Aneh bukan jadi orang akan menilai pekerjaan seseorang itu dari yang kelihatan saja. Kalau tiap harinya kelihatan lontang lantung meski sebenarnya lontang lantungnya mau buat video YouTube atau cari ide buat tulisan tetap saja dianggap pengangguran.

Baca Juga : Contoh Nyata Penghasilan Dari Mengelola Blog TLD


Ngeblog Sebagai Pekerjaan, Why Not?


Prinsip saya pekerjaan apapun yang penting halal layak untuk dijadikan pekerjaan. Nah ngeblog juga termasuk pekerjaan yang menurut saya halal karena pada dasarnya ngeblog itu seperti Penulis pada umumnya hanya saja jika penulis yang sudah lazim itu menulis dibuku atau wartawan tapi ngebglog itu menulis diblog sendiri. Jadi ngeblog itu sama dengan Mengelola Blog.

Pertanyaan yang cukup menggelitik, Bisakah ngeblog dijadikan pekerjaan utama? Menurut saya BISA. Mungkin Anda akan bertanya—tanya memangnya cukup penghasilan dari ngeblog untuk hidup? Jawabannya tergantung tingkat keyakinan Anda kepada Alllah SWT. Kalau Anda yakin dari ngeblog bisa untuk hidup Insya Allah Anda anda akan berusaha sekuat tenaga agar hasilnya maksimal.

Pernah lihat tukang Cilung? Dia menjual makanan yang harganya Cuma Rp.1000. Orang lain enggan jika pekerjaannya menjadi tukang cilung,,memang bisa untuk hidup? Faktanya bisa kok pekerjaan sebagai tukang cilung untuk menghidupi keluarga. Kebetulan saya punya teman yang profesinya seperti itu. Jadi jika Anda akan menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan kuncinya adalah Yakin.

Namun demikian meskipun ngeblog bisa dijadikan pekerjaan utama tetap membutuhkan perhitungan yang matang seperti pekerjaan-pekerjaan lainnya. Tidak seperti jualan makanan dimana hari ini anda jualan hari itu juga anda akan mendapatkan pembeli. Ngeblog butuh persiapan salah satunya skill menulis dan skill mengelola blog. Semuanya butuh waktu tidak bisa dicapai dalam sekejap.

Saran saya sebelum Anda menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan apalagi pekerjaan utama langkah yang pertama anda lakukan adalah belajar dulu sampai skill menulis dan mengelola blog mampu dikuasai dengan baik. Meski Anda sudah mampu menguasai skill tersebut jika saat ini sudah memiliki pekerjaan tetap saran saya jadikan ngeblog sebagai pekerjaan sampingan.

Penawaran Kerjasama

Penawaran Kerjasama


Selama saya menekuni pekerjaan ngeblog saya merasakan sendiri terkadang penghasilan yang saya dapat kecil namun suatu waktu saya bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Misalnya saya pernah dalam sehari mendapatkan penghasilan Rp.750.000 namun pernah juga selama sebulan Cuma mendapatkan uang Rp.300.000.

Saya tetap yakin kalau Rezeki sudah ada yang mengatur yaitu Allah SWT, kewajiban saya hanya berikhtiar terus menerus dengan terus menulis, menghubungi advertiser serta meningkatkan kemampuan menulis. Jika sudah rezekinya mendapatkan uang ratusan ribu seperti Uang yang turun dari langit tiba tiba saja ada beberapa orang yang menghubungi saya menawarkan kerja sama dengan nilai ratusan ribu rupiah.

Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

6 komentar

Pemahaman orang2 awam memang kerap membuat blogger yang serius menjadi tertawa ataupun geram karena anggapan2 orang2 awam tadi, padahal buktinya kan banyak yang jadi fulltime blogger, otomatis menggantungkan hidup mereka di depan komputer. Bahkan ada yang jadi kaya raya karena ngeblog dan ngeyutup.. tetap semangat mas...

Balas

Wah menginspirasi sekali tulisannya :D
Aku sampai sekarang memang belum kepikiran untuk menjadikan blog ini sebagai lahan mencari uang. Mungkin sekarang nulis-nulis aja dulu ya yang sering. Nanti jika waktunya sudah tiba, barulah mulai memonetisasi, ehehehe

Balas

Content placement atau job review memang udah semakin jarang ,,,, :(

Balas

Makanya saya nyambi jadi Tukang Martabak MAS...

Balas

Bagusnya memang begitu mas...Menulis saja dulu tanpa beban..nanti uang datang dengan sendirinya, Percaya deh sama saya...

Balas

WAH...Masternya saja sepi JOB..apalagi saya yang NEWBIE ini...

Balas