Cara Jualan Onlineshop Tanpa Modal

Cara Jualan Onlineshop Tanpa Modal

PALINGUNTUNG.COM, Cara Jualan Onlineshop Tanpa Modal – Peranan Modal memang cukup penting dalam sebuah bisnis namun tidak mutlak artinya tanpa modalpun sebenarnya bisa saja seseorang mengelola sebuah bisnis. Dalam bisnis offline mungkin Anda sering mendengar jualan produk sistem titip atau konsinyasi jadi penjual tidak perlu kulakan tapi ada yang menitip barang kalau sudah laku baru dibayar.
Cara Jualan Onlineshop Tanpa Modal

Sayangnya produknya terbatas pada barang-barang yang harganya murah untuk produk yang harganya mahal tidak semudah itu.

Itulah mengapa untuk merintis bisnis offline contohnya toko kelontong modal cukup berperan penting makanya banyak orang beralasan tidak punya modal sebagai kendala utama. Namun pertanyaannya Apakah harus menyerah begitu saja jika anda belum memilki modal yang cukup? Tentu tidak bukan masih banyak jalan menuju roma.

Salah satu ceruk bisnis yang cukup menantang adalah bisnis online shop atau E-commerce, Pasarnya yang luas membuat jualan onlineshop layak untuk anda lirik. Hebatnya lagi jualan onlineshop bisa anda lakukan tanpa modal produk. Lho Kok Bisa? Yups... hal ini bisa terjadi karena jualan onlineshop merupakan bisnis tak kasat mata artinya pembeli tidak perlu bertemu langsung dengan penjual cukup memesan melalui media internet seperti facebook, whatsapps, Intagram atau website.

Disinilah muncul peluang bisnis onlineshop Dropship yaitu jualan onlineshop dimana pemilik onlineshop hanya mencari pembeli/memasarkan setelah ada yang memesan produk barulah meneruskan pesanan tersebut ketoko supplier. Nantinya pengiriman produk diproses oleh toko suplier namun nama pengirimnya tetap online shop Dropshipper. Keuntungan yang didapat adalah selisih harga dari harga jual dan harga jual dari toko supplier.

Sekedar Berbagi pengalaman, saat ini saya menekuni jualan onlineshop tanpa modal dropship yang menjual cetakan martabak. Meski harga jual sedikit lebih mahal dari toko supplier yang juga membuka toko online namun dengan tehnik pemasaran tertentu saya mampu menjual produk. Hasilnya lumayan untuk menambah-nambah penghasilan selain dari Bisnis blog yang saya tekuni.

Cara jualan Onlineshop Tanpa Modal relatif mudah dilakukan siapa saja asalkan ada niat dan kreatif. Penasaran Bagaimana caranya? Berikut Informasi selengkapnya :

1. Tentukan Produk yang Anda Jual
Langkah ini cukup penting karena akan menentukan kemajuan onlineshop anda. Pilihlah produk-produk yang benar-benar dibutuhkan orang. Carilah produk yang bobotnya ringan kalau bisa yang kurang dari 1 Kg seperti produk kecantikan, fashion atau produk herbal.

Hal ini cukup berguna agar nantinya Ongkos kirimnya murah meski jaraknya jauh selain itu berguna jika nantinya anda akan menerapkan free Ongkos kirim. Cari juga produk yang minim resiko dalam proses pengirimannya nanti jangan sampai online shop anda dibuat repot akibat komplain dari pembeli yang mengeluhkan produknya ternyata rusak. Hindari menjual produk pecah belah kecuali supplier memberikan garansi tukar baru jika ada kerusakan seperti supplier toko online saya. Meski cetakan martabak yang saya jual rawan rusak namun dengan garansi dari suplier saya bisa tenang.

Terbukti ketika ada seorang pembeli yang mengeluhkan rusaknya produk saya bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Carilah Suplier Terpercaya
Langkah yang tak kalah penting adalah mencari suplier onlineshop anda karena itu menentukan kepercayaan pembeli. Jika memungkinkan anda bisa mencari suplier langsung kesentra produksinya sehingga anda bisa melihat langsung produknya untuk mengetahui kualitas produk yang sebenarnya.

Jika tidak menemukan opsi selanjutnya adalah mencari supplier secara online dan ini cukup mudah karena banyak toko online yang membuka pemasaran Dropship. Untuk memiliki supplier secara online anda harus jeli carilah yang benar-benar terpercaya jangan hanya terkecoh harga yang murah. Perhatikan websitenya apakah meyakinkan dan sudah berapa usia toko onlinenya.

Lihat juga Alamat lengkapnya dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Testimoni dari pembeli juga bisa menjadi pertimbangan namun hanya sebagai pendukung saja karena testimoni bisa dibuat/diedit.

Cara yang aman menurut saya adalah mencari supplier kesitus Marketplace, saya merekomendasikan Tokopedia. Kenapa demikian? Transaksinya lebih aman dan didukung sistem transaksi yang canggih serba otomatis.

Namun demikian Carilah pelapak besar atau Gold merchant sehingga harganya lebih murah dan lihat reputasinya semakin banyak produk yang dijual dan feedback positif maka pelapak tersebut layak untuk dijadikan supplier dan sebisa mungkin mencari supplier yang mencatumkan nomor Whatsapps karena akan memudahkan dalam proses transaksi dan komunikasi.

Langkah lain yang perlu anda lakukan untuk mengetahui kualitas produk dan pelayanan supplier adalah dengan membeli produknya cukup 1 saja. Perhatikan seberapa cepat proses dari pembayaran kepengiriman jika supliernya bagus pagi atau siang bayar tagihan malamnya akan mendapatkan resi pengiriman.

Hal ini juga bisa menunjukkan kalau stoknya terjaga. Produk yang sudah anda beli bisa anda gunakan untuk sarana promosi seperti mengambil gambar, membuat artikel review atau video review (Unboxing). Selanjutnya bisa anda jual kembali jadi anda tidak rugi membeli produk tersebut.

3.Mempromosikan Produk
Setelah produk ketemu dan supplier sudah didapat barulah anda mulai mempromosikan produk anda keinternet. Banyak cara yang bisa anda lakukan mulai dari yang benar-benar gratis hinggga yang perlu memnegeluarkan biaya.

Jika Anda memilih menggunakan sarana gratisan anda bisa menggunakan Facobook baik melalui akun pribadi, Grup ataupun Fanspage. Saran saya sebaiknya menggunakan fanspage atau grup karena lebih tertarget. Instagram juga bisa menjadi pilihan untuk memasarkan produk anda.

Cara gratisan lainnya yang cukup efektif adalah melalui situs berbagi video YOUTUBE, Silahkan upload video review produk anda kesana jangan lupa pada deskripsi video atau jika anda bisa editing video cantumkan Nomor Kontak WA Anda sehingga jika ada penonton yang tertarik bisa menghungi Anda.

Jika Anda mahir menulis anda Bisa membuat blog gratisan melalui blogger atau Wordpress, Buatlah artikel tentang review atau tips yang berhubungan dengan produk anda. Sering-seringlah update artikel agar posisi blog anda bisa muncul dipencarian mesin pencari. Jika anda memiliki modal lebih anda bisa membuat website toko online kemudian Promosikan website anda melalui iklan.

Bagaimana menurut anda cara jualan Onlineshop Tanpa Modal diatas cukup mudah dipraktekkan Bukan? Anda Tertarik? Selamat mencoba dan Semoga sukses!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar