Blogger Vs Youtube, Mana Lebih Menjanjikan?

Blogger Vs Youtube, Mana Lebih Menjanjikan?

PALINGUNTUNG.COM - Awalnya saya tertarik menjadi blogger karena ternyata dari kegiatan tulis menulis yang memang hobi saya lalu dipublikasikan ke sebuah blog bisa menghasilkan uang. 7 Tahun sudah saya menjadi seorang blogger dan saya sangat menikmatinya rasanya kalau tidak menulis sehari rasanya ada yang kurang dalam hidup ini.

Blogger Vs Youtube

Kalau ditanya apakah sudah bisa menghasilkan uang dengan menjadi seorang blogger? Alhamdulillah meski belum banyak saya sudah bisa menghasilkan uang dari blog. Uang tersebut saya dapatkan dari Google Adsense dan Artikel review dan hingga hari inipun saya masih menjalani keduanya bahkan saya sudah menekuni Google Adsense sejak 3 tahun yang lalu.

Sempat terbersit pikiran untuk menjadi seorang full time blogger namun hingga detik ini belum terwujud padahal saya sudah semaksimal mungkin mengerahkan kemampuan saya. Blog sudah diperbanyak tapi toh hasilnya belum sesuai harapan. 7 tahun berkutat dengan blog namun tak kunjung sukses membuat saya bertanya-tanya apakah menjadi seorang blogger masih menjanjikan atau bisa dijadikan pekerjaan utama?

Sadar akan hasil tersebut sayapun mulai mencari ceruk bisnis baru namun masih berhubungan dengan internet yang tetap bisa menghasilkan uang ibarat pepatah sekali dayung 2 atau 3 pulau terlampaui. Ceruk bisnis yang saya bidik adalah dengan menjadi seorang creator Video YouTube atau Ngevlog. Sengaja saya memilih YouTube karena Google Adsense juga memiliki fitur monetisasi pada Youtube jadi sama seperti blog hanya saya beda media, kalau blog berupa tulisan sedangkan Youtube berupa video.

Blogger Vs YouTube Mana yang Lebih Menjanjikan ?


Sayapun akhirnya bisa meng "uangkan" video saya sejak setahun yang lalu namun perjalanan menjadi seorang creator Video panjang dan berliku, sempat semangat diawal bermain YouTube namun sempat Down karena peraturan baru Youtube yang membuat menghasilkan uang dari Youtube jadi semakin sulit.Channel saya selama 6 bulan tidak bisa menghasilkan uang karena tidak memenuhi persyaratan.

Nasib Baik sepertinya memihak kepada saya, Bulan Juli lalu ternyata Channel saya bisa memenuhi syarat untuk di review dan diluar dugaan ternyata masa reviewnya lebih cepat. Saya makin bersyukur ternyata channel saya disetujui sehingga bisa mulai menghasilkan uang. Sedikit demi sedikit penghasilan mulai terkumpul di akun saya dan sayapun kembali bersemangat untuk membuat video.

Dengan menjadi seorang blogger dan creator Youtube sayapun jadi tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing namun demikian saya bertekad akan menjalani keduanya beriringan karena kesempatannya terbuka lebar. Jika Saya Ditanya Blogger Vs YouTube Mana yang lebih Menjanjikan? Saya akan menjawab tergantung Kemampuan dari yang menjalaninya.

Jika memang tidak hobi menulis saya sarankan untuk bermain YouTube saja meskipun sekarang ini cukup sulit namun jika video yang Anda buat menarik saya rasa cepat atau lambat akan bisa dimonetisasi meski harus bersabar.

Jika Anda memiliki kemampun menulis saya menyarankan untuk menekuni keduanya karena antara blog dan video bisa saling mendukung misalnya saja video digunakan untuk memperjelas artikel blog begitu juga sebaliknya.

Apakah menjadi creator video itu sulit? Saya rasa tidak bahkan menurut saya lebih mudah membuat video dari pada membuat artikel. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dalam desain grafis atau editing video. Terbukti saya memiliki teman ketika menjadi blogger tidak bisa produktif menulis namun ketika menjadi creator bisa tiap hari mengunggah video padahal main YouTube itu boros kuota.

Kesimpulannya manakah yang lebih menjanjikan antara Blogger vs YouTube jawabannya tergantung dari kemampuan yang menjalaninya jika minatnya pada video saya sarankan menjadi creator video YouTube namun jika hobi menulis silahkan jadi blogger namun jika memungkinkan jalani keduanya karena hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar