Bisnis Blog, Bisnis Apakah itu? Ini Penjelasannya

Bisnis Blog, Bisnis Apakah itu? Ini Penjelasannya

PALINGUNTUNG.COM, Bisnis Blog, Bisnis Apakah itu? Ini Penjelasannya Jika ada yang menanyakan kepada saya Apa sih pekerjaan Mas? Biasanya saya akan menjawab bisnis blog sebagai pekerjaan saya. Dan kebanyakan akan menanyakan, "Bisnis blog sih bisnis apaan?" mau tak mau sayapun harus menjelaskannya namun tak sedikit yang masih tetap bingung. Menurut saya wajar hal ini terjadi karena bisnis blog memang bisnis tak kasat mata jadi tidak mudah untuk menjelaskan kepada orang lain apalagi yang tahunya cuma facebook.

Bisnis Blog

Padahal Bisnis Blog bisa dikatakan sama dengan bisnis lainnya yang butuh kerja keras bahkan modal dan hasilnya juga tak kalah menjanjikan. Sayangnya bisnis blog belum banyak dilirik apalagi oleh pemuda yang baru lulus sekolah atau kuliah, mereka akan lebih memilih mencari pekerjaan sebagai karyawan atau buruh pabrik. Tak salah memang karena itu pilihan mereka namun bagi mereka yang belum beruntung mendapatkan pekerjaan yang layak menurut saya tak ada salahnya mencoba bisnis blog.

Bisnis Blog Modalnya Relatif Kecil

Tahukah Anda menekuni bisnis blog modalnya relatif kecil? Asalkan Anda mampu mengetik, menulis dan memiliki peralatan komputer serta jaringan internet Anda sudah bisa memulai bisnis blog, Mudah bukan? Saya rasa semua orang yang pernah mengenyam pendidikan mampu merintisnya tinggal Mau atau Tidak.

Apalagi dengan didukung sarana teknologi informasi yang semakin meluas hingga kepedesaan sehingga mengakses internet sudah sangat mudah coba saja anda lihat anak-anak SD sekarang sudah terbiasa streaming video YouTube hal ini bisa menunjukkan mengakses internet bukan lagi sesuatu yang sulit.

Bagaimana jika saya belum mengerti bagaimana membuat dan mengelola blog? Tenang saja di internet sudah banyak tutorialnya baik yang berupa artikel atau video YouTube. Jadi tak ada alasan lagi tinggal Anda Mau Mencoba atau tidak.

OKE...Saya ingin mencoba terjun ke bisnis blog, Langkah-langkah apa yang harus saya lakukan? Baiklah berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1.Belilah sebuah Domain
Jika Anda ingin menekuni bisnis blog, domain merupakan modal yang penting karena menyangkut sebuah nama blog, contohnya blog ini nama domainnya palinguntung.com. Harganya juga terjangkau kok untuk domain yang berekstensi dot com harganya cuma Rp.126.000 per tahun sudah termasuk PPN. Jika Anda ingin mencari domain yang murah anda bisa membeli domain indonesia berekstensi WEBID Harganya cuma Rp.55.000 per tahun.

2.Pilih mesin blog pilihan
Memiliki domain saja belum cukup Anda harus memiliki Hosting tempat dimana nantinya menyimpan seluruh file blog baik yang berupa teks atau gambar. Ada 2 pilihan yang gratis atau berbayar. Jika Anda pemula saya sarankan menggunakan hosting gratisan dan Blogspot yang paling rekomended. Silahkan Anda menuju blogger.com buat akun disana dan Buat blog. Nantinya blog tersebut diarahkan kedomain yang sudah anda beli.

3.Mulai menulis dan mengelola Blog
Jika Anda Sudah memiliki domain dan hosting, blog anda sudah bisa online diinternet hanya saja belum ada kontennya dan inilah yang menjadi tugas utama Anda jika ingin mulai terjun ke bisnis blog. Isilah blog anda dengan konten-konten atau artikel yang bermanfaat sehingga akan menarik minat pengunjung untuk membaca artikel blog anda.

Pada tahap ini Anda mungkin harus sedikit bersabar dan banyak berlatih karena untuk menghasilkan sebuah tulisan yang enak dibaca butuh proses namun percayalah jika anda sering menulis lambat laun tulisan Anda akan bagus. Sering-seringlah membaca buku, berkunjung ke web-web besar agar Anda tahu tulisan seperti apa yang bagus.

Jika Anda sudah mampu mendatangkan banyak pengunjung keblog Anda berarti Anda sudah layak disebut penulis blog profesional dan disaat itulah Anda akan merasAkan nikmatnya mendapatkan penghasilan dari blog atau bisnis blog.

Oh..ya lalu dari mana Anda bisa menghasilkan uang dari blog? Ada banyak cara namun cara yang mudah adalah dari iklan Google Adsense atau Jasa Review website.

Bagaimana Anda Tertarik untuk menekuni Bisnis Blog? Selamat mencoba dan semoga sukses!
Advertisement

Baca juga:

This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 komentar

Saya mau saya mau. Kayaknya menarik bisnis kek gini..

Balas

tidak bisa konsisten menulis

Balas

Nah ini dia Jagonya...Muncul

Balas

Coba mas dibuat jadwal...

Balas